Selasa, 03 Okt 2017 06:48 WIB

Terpopuler detikHealth

Nata de Coco Campur Urea dan Rahasia Awet Muda Tante Puspa Dewi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Puspa Dewi masih bugar seperti umur 20-an meski sudah menginjak kepala 5. (Foto: Instagram @puspadewihc)
Jakarta - Penggunaan pupuk urea dan ZA dalam pembuatan nata de coco kembali bikin heboh. Sementara itu, tante cantik Puspa Dewi buka-bukaan soal rahasianya selalu bugar dan awet muda.

Sebuah pabrik nata de coco di Majalengka, Jawa Barat, baru-baru ini digerebek polisi. Kabarnya, terkait penggunaan pupuk ZA dan urea dalam pembuatan produk pangan berbasis air kelapa ini.

Menurut ahli farmakologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Prof Zullies Ikawati, Apt, ZA (zwavelzure ammoniak) dengan rumus kimia (NH4)2S04, maupun urea dengan rumus kimia CH4N2O memang digunakan dalam pembuatan nata de coco.

Baca juga: Heboh Nata de Coco Campur Pupuk Urea di Majalengka, Ini Kata Pakar

Dalam prosesnya, nata de coco dibuat dengan bakteri Acetobacter xylinum. Dalam pertumbuhannya, bakteri ini membutuhkan makanan berupa nitrogen. ZA dan urea merupakan sumber nitrogen yang cukup baik dan banyak digunakan dalam fermentasi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut, ZA dan urea yang digunakan dalam produksi nata de coco harus dari jenis food grade. Walaupun pada produk akhirnya telah dicuci, dikhawatirkan bahan non food grade akan meninggalkan cemaran logam berat.

Ilustrasi pupuk ZA dan ureaIlustrasi pupuk ZA dan urea Foto: Yakub Mulyono


Baca juga: Pupuk ZA atau Urea untuk Pembuatan Nata De Coco Harus Food Grade

Masih tentang tante cantik yang awet muda, Puspa Dewi akhirnya buka suara terkait fotonya yang viral saat merayakan ulang tahun ke-50. Kepada detikHealth, Puspa mengatakan salah satu rahasia cantik dan selalu bugarnya adalah 'selalu happy'.

"Banyak yang bilang makin tua makin gimana gitu ya, ya mungkin karena makin happy. Anak-anak sudah gede dan berkarya bahkan mandiri, rasanya lebih terpancar kebahagiaannya," tutur perempuan yang bersahabat karib dengan artis Sandra Dewi ini.

Puspa Dewi bersama anak laki-lakinya, yang lebih mirip seperti kakak beradik.Puspa Dewi bersama anak laki-lakinya, yang lebih mirip seperti kakak beradik. Foto: Aisyah/detikHealth


Baca juga: Dibilang Tante Awet Muda, Puspa Dewi: Itu Karena Happy Terus

(up/up)