Selasa, 03 Okt 2017 10:05 WIB

Hiii... Kutu Busuk Tak Cuma Menempel di Kasur Tapi Juga di Cucian Kotor

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kutu busuk tak cuma menempel di tempat tidur, tapi juga di cucian kotor/Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak heran kalau seorang ibu kerap marah-marah jika sang anak sembarangan menumpuk pakaian kotor di dalam kamar hingga menggunung. Sebab studi menyebut kutu busuk tak hanya senang menempel di tempat tidur, tapi juga bisa menyebar pada cucian kotor.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, bed bugs atau kutu busuk sangat tertarik pada cucian kotor. Para ilmuwan bahkan memperingatkan bahwa membiarkan pakaian kotor di area tempat tidur, terutama saat menginap di hotel dapat memfasilitasi penyebaran hama tersebut.

Kutu busuk baru-baru ini mengalami kebangkitan global, yang sebagian disebabkan oleh peningkatan perjalanan internasional dengan biaya rendah di industri pariwisata. Salah satu kemungkinan mekanisme yang memfasilitasi penyebaran serangga tidur tersebut secara global adalah pakaian dan barang bawaan para turis.

Periset dari University of Sheffield di Inggris telah melakukan eksperimen di dua ruangan yang dikontrol suhu identik, di mana ada empat tas jinjing ditempatkan di tempat tidur penuh kutu busuk, dua diantaranya berisi pakaian kotor, dua diantaranya lagi dengan pakaian bersih.

Baca juga: Mencuci Baju dengan Mesin Cuci Justru Picu Bakteri Berkembang Biak

Dalam setiap percobaan, satu ruangan menerima peningkatan konsentrasi karbondioksida untuk mensimulasikan pernapasan manusia. Para ilmuwan menemukan bahwa dengan tidak adanya manusia, kutu busuk dua kali lebih mungkin tercemar pada tas yang berisi pakaian kotor dibandingkan dengan tas yang berisi pakaian bersih.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, juga menemukan bahwa di dalam ruangan dengan peningkatan konsentrasi karbondioksida, kutu busuk lebih mungkin meninggalkan tempat perlindungan mereka dan memulai perilaku mencari host atau inang.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa bau manusia residual pada pakaian kotor bertindak sebagai elisitor perilaku pencarian host pada kutu busuk. Akibatnya, cucian kotor yang dibiarkan dalam koper terbuka, atau ditinggalkan di lantai ruangan yang penuh sesak dapat menarik kutu busuk.

"Kutu busuk adalah masalah besar bagi hotel dan pemilik rumah, terutama di beberapa kota terbesar dan tersibuk di dunia," kata William Hentley dari University of Sheffield.

"Begitu ruangan penuh dengan kutu busuk, mereka bisa sangat sulit untuk disingkirkan, yang bisa mengakibatkan orang harus membuang pakaian dan perabotan yang bisa sangat mahal harganya. Studi kami menunjukkan bahwa menjaga cucian kotor di tas tertutup, terutama saat menginap di hotel, dapat mengurangi kemungkinan orang membawa pulang tempat tidur dengan mereka, yang dapat mengurangi penyebaran infestasi," Hentley menambahkan.

Baca juga: Agar Pakaian Dalam Minim Bakteri, Begini Cara Mencuci yang Benar (hrn/up)