Selasa, 03 Okt 2017 15:35 WIB

Belum Capai Target, Imunisasi MR di Tiga Provinsi Ini Diperpanjang

Widiya Wiyanti - detikHealth
Program imunisasi MR di Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten belum mencapai target. Pemerintah pun memperpanjang masa program hingga pertengahan Oktober. Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Jakarta - Program imunisasi measles dan rubella (MR) di provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten belum mencapai target yang ditetapkan. Pemerintah pun memperpanjang masa layanan program hingga pertengahan Oktober.

Seyogyanya, imunisasi MR tahap pertama di Pulau Jawa berlangsung dari 1 Agustus hingga 30 September 2017. Secara total, cakupan imunisasi sudah sukses di angka 98,4 persen dari target 95 persen. Dari 6 provinsi di Pulau Jawa, hanya Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta yang sudah mencapai target. Sementara Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten belum memenuhi target.

Baca juga: Trik Bu Dokter Agar Anak Tak Takut Lagi Disuntik

"Jawa Tengah dan Jawa Timur itu bagus sekali (mencapai target) 100 persen. Kemudian memang Jakarta dan Banten sedikit rendah," tutur Menteri Kesehatan, Prof Nila Moeloek, SpM(K), ditemui di Kementerian Kesehatan, Selasa (3/10/2017).

Ditemui pada kesempatan yang sama, drg Oscar Primadi, MPH, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, mengatakan bahwa memang perlu sedikit tambahan waktu bagi 3 provinsi tersebut untuk memenuhi target cakupan 95 persen. Pemerintah pun berencana memperpanjang masa imunisasi MR hingga 14 Oktober 2017.

"Kita akan mem-push lagi supaya mencapai angka yang diharapkan, 95 persen. (Perpanjangan) sampai 14 Oktober. Termasuk nantinya didatangi ke rumah-rumah, disweepinglah supaya terjadi peningkatan yang lebih baik," tutupnya.

Baca juga: Empat Daerah Ini Terendah Capaian Imunisasi MR di Jawa Barat

Berdasarkan data Kemenkes, cakupan imunisasi MR tahap 1 di Pulau Jawa per tanggal 2 Oktober 2017 adalah sebagai berikut:

DKI Jakarta: 91,0 persen
Jawa Barat: 93,67 persen
Jawa Tengah: 104 persen
DIY: 95,7 persen
Jawa Timur: 105 persen
Banten: 94,4 persen (mrs/up)