Rabu, 04 Okt 2017 16:06 WIB

Olahraga dapat Memperpanjang Umur, Berapa Lama Sih Harusnya?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Untuk memiliki umur yang panjang, idealnya rutin melakukan olahraga selama 150 menit setiap minggu. Foto: Thinkstock
Jakarta - Olahraga dilakukan banyak orang dengan banyak tujuan, salah satunya untuk menghindari dari berbagai macam penyakit yang menyerang daya tahan tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa memperpanjang umur lho.

Berapa lama sih olahraga untuk memperpanjang umur? Frekuensi dan intensitas olahraga setiap orang memang bisa berbeda-beda.

Namun menurut sebuah penelitian dari Rumah Sakit St. Paul di Vancouver, Kanada, yang diterbitkan di The Lancet waktu minimum berolahraga untuk meningkatkan umur panjang dan awet muda adalah sekitar 150 menit per minggu.

Baca juga: Kurangi Risiko Mati Muda dengan Olahraga 30 Menit Setiap Hari

Penelitian ini melibatkan orang-orang antara usia 35-70 tahun mengenai pencapaian aktivitas fisiknya sehari-hari. Lebih dari 140 ribu orang dari 17 negara mengisi kuisioner yang diberikan oleh para peneliti.

Hasilnya, orang yang turun berolahraga setidaknya 150 menit per minggu memiliki risiko kematian 28 persen lebih rendah secara keseluruhan dan 20 persen lebih rendah risiko terkena penyakit jantung.

Yang mengejutkan, orang yang memiliki waktu olahraga lebih dari itu atau sekitar 750 menit setiap minggunya malah memiliki penurunan risiko kematian yang lebih sedikit yaitu hanya 20 persen saja.

"Hasilnya sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu memiliki setidaknya 150 menit olahraga dengan intensitas sedang per minggu bisa memperbaiki kebugaran dan menurunkan risiko kematian," ujar peneliti, Scott Lear dikutip dari HuffPost, Rabu (4/10/2017).

Lantas, olahraga seperti apa? Menurut peneliti olahraga tidak harus yang memiliki kesulitan tinggi ataupun yang membutuhkan biaya besar.

"Tidak masalah bagaimana kita memberi berolahraga, aktivitas sederhana seperti berjalan-jalan bisa sama baiknya dengan menghabiskan satu jam berkebun atau memotong rumput," pungkasnya.

Baca juga: Orang Tajir Atau Bukan, Bisa Kelihatan dari Pilihan Waktu Olahraga


(wdw/fds)