Rabu, 11 Okt 2017 12:32 WIB

Meski Ganggu Penampilan, Bulu Hidung Lebat Kaya Manfaat

Erika Kurnia - detikHealth
Ilustrasi tren ekstensi bulu hidung. Foto: Instagram Ilustrasi tren ekstensi bulu hidung. Foto: Instagram
Jakarta - Bulu hidung merupakan satu dari bagian rambut tubuh yang letaknya tersembunyi. Tapi pada beberapa orang bulu hidung yang tumbuh lebat dan panjang sering dianggap menggelikan bahkan mengganggu, sehingga mereka memilih mencabut bulu hidung. Padahal bulu hidung punya banyak fungsi dan manfaat.

Dijelaskan oleh dr. Rini Febrianti, Sp.THT-KL, pada detikHealth, bulu hidung sendiri memiliki fungsi vital bagi organ pernapasan.

"Diciptakannya bulu hidung itu sangat penting. Pertama, mereka menjadi penyaring udara yang kita hidup setiap saat, selain itu mempertahankan kelembaban hidung. Bulu hidung kita yang menempel di rongga hidung dan otot-ototnya juga akan membantu mengeluarkan kotoran dari hidung," jelasnya belum lama ini.

Baca juga: Benarkah Sering Dicabut Bikin Bulu Hidung Makin Lebat?

Bulu hidung merupakan pelindung baris pertama tubuh kita. Dilansir dari laman Popsci, rambut-rambut tipis di rongga hidung bahkan tetap bergerak setelah seseorang meninggal, sehingga sering digunakan ilmuwan forensik untuk mengidentifikasi waktu kematian.

Satu studi dari Hacettepe University School of Medicine di Turki bahkan menemukan bahwa pasien yang memiliki bulu hidung lebih tipis, hampir tiga kali lebih mungkin untuk mengidap asma daripada mereka yang memiliki bulu hidung lebat.

"Jadi sebaiknya hindari waxing atau mencabut bulu hidung sampai ke akar. Kalau sekiranya mengganggu, lebih baik bulu hidung yang terlalu panjang dipotong sampai muara lubang hidung," saran dr. Rini.

Baca juga: Ekstensi Bulu Hidung Tren Kekinian yang Tak Perlu Dicoba (up/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya