Senin, 16 Okt 2017 10:15 WIB

Penjelasan Ilusi Optik di Balik Foto Warna Sepatu yang Viral

Firdaus Anwar - detikHealth
Menurut kamu, apa warna sepatu ini? (Foto: Internet) Menurut kamu, apa warna sepatu ini? (Foto: Internet)
Jakarta - Masih ingat soal kasus foto gaun yang viral di internet tahun 2015 lalu? Saat itu orang-orang mendebatkan warna gaun tersebut karena bagi sebagian terlihat berwarna biru-hitam namun bagi sebagian lainnya terlihat putih-emas.

Nah kasus serupa kini terulang pada sebuah foto sepatu yang pertama kali dipublikasikan oleh seorang wanita di Facebook. Bermula ketika ibu dari temannya berkomentar tentang corak 'kebiruan' yang ada pada sepatu.

Baca juga: Warna Mata Orang Indonesia Lebih Tak Tahan Cahaya

Beberapa orang melihat sepatu tersebut berwarna pink-putih, namun sebagian lain melihatnya berwarna abu-abu kehijauan. Jawaban yang benar adalah sepatu tersebut berwarna pink-putih.

Mengapa bisa ada pendapat yang berbeda karena pengaruh cahaya saat foto diambil menciptakan sebuah ilusi optik. Di mata setiap orang ada sel kerucut yang akan menangkap warna pada cahaya dan bagaimana sel-sel ini bekerja menafsirkannya menurut ahli ophthalmology Profesor Wallace Thoreson dari University of Nebraska bisa berbeda untuk tiap orang.

Gaun ini sempat viral, warna aslinya biru-hitam (kanan) tapi ada juga yang melihat warna putih-emas (kiri).Gaun ini sempat viral, warna aslinya biru-hitam (kanan) tapi ada juga yang melihat warna putih-emas (kiri). Foto: dok. Swiked


"Otak Anda secara konstan akan mengira-ngira apa warna dari cahaya yang dipantulkan oleh objek dan mempertimbangkan bagaimana bila kondisinya sedang tidak ada cahaya. Masing-masing dari kita membuat asumsi yang berbeda di bawah alam sadar," kata Prof Wallace seperti dikutip dari CNN, Senin (16/10/2017).

Menurut studi tahun 2009 yang dilakukan oleh University of Washington, bagaimana cara sel-sel kerucut memproses cahaya bisa tergantung pada bagaimana otak seseorang dihubungkan.

Baca juga: Ini Pingelap, Pulau Dengan Penduduk yang Buta Warna (fds/up)