Jumat, 20 Okt 2017 16:35 WIB

Makan Upil Baik Bagi Kesehatan? Ini Kata Ahli THT

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kata ahli THT soal upil bisa berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh/Foto: thinkstock Kata ahli THT soal upil bisa berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh/Foto: thinkstock
Jakarta - Rasanya memang tak lazim ketika seseorang mengorek upil lalu memakannya. Entah sekadar iseng-iseng atau untuk alasan kesehatan. Namun, alasan kedua sempat dibenarkan oleh teori dari seorang dokter spesialis paru-paru asal Austria, Prof Dr Friederich Bischinger, pada tahun 2004 yang menyarankan orang untuk makan upilnya sendiri karena diklaim bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Meski upil adalah suatu kotoran yang harus dibuang dan bukan untuk dikonsumsi. Namun menurut Prof Bischinger mengupil dengan menggunakan jari-jari sendiri adalah sesuatu yang sehat, menyenangkan dan lebih sesuai dengan tubuh manusia.

"Makan upil kering adalah cara yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Secara medis itu masuk akal dan hal yang wajar untuk dilakukan. Dalam sistem kekebalan, hidung adalah filter yang menyaring banyak bakteri menjadi satu dan ketika campuran ini tiba di usus akan bekerja seperti obat," kata Prof Bischinger beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kata Peneliti, Makan Upil Baik untuk Kesehatan Gigi

Terkait soal fungsi upil tersebut, detikHealth meminta komentar kepada dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, yakni dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes dari RS Permata Depok. Ia menyebut bahwa sebenarnya bukan upilnya, melainkan selaput lendir yang berfungsi membantu menjaga udara masuk ke rongga hidung.

"Tapi kalau fungsi upilnya sendiri ada literatur yang bilang, dia memang sebenarnya berfungsi sebagai sistem kekebalan kalau dikonsumsi. Tapi saya belum search lebih jauh tentang fungsinya," pungkas dr Linda.

Baca juga: Hidung Selalu Penuh Upil, Ini Dia Berbagai Kemungkinan Penyebabnya (hrn/mrs)