Jumat, 20 Okt 2017 18:10 WIB

Terlanjur Menelan Ingus Saat Pilek, Berbahayakah Bagi Tubuh?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Akhir-akhir ini, terutama pada sore dan malam hari, berbagai kota di Indonesia mulai diguyur hujan. Kondisi tersebut membuat orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, rentan terkena flu atau pilek. Nah, flu atau pilek inilah yang menyebabkan munculnya ingus.

Kita tentu tahu, ingus sangat menjengkelkan, apalagi jika terasa sulit untuk mengeluarkannya meskipun sudah berkali-kali mencoba mengeluarkannya, namun sia-sia. Alhasil, ingusnya malah tertelan.

Lantas, ketika ingus terlanjur tertelan, berbahayakah buat tubuh? Spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, dr Linda Herliana, SpTHT-KL, MKes atau yang akrab disapa dr Linda dari RS Permata Depok mengatakan bahwa ingus atau dahak yang tertelan tidak berbahaya.

"Kalau berbahaya sih nggak ya, soalnya ingus yang tertelan itu, oleh asam lambung dan sistem pencernaan sebagian besar akan terurai," kata dr Linda kepada detikHealth.

Baca juga: Saran Dokter Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

Terlanjur Menelan Ingus Saat Pilek, Berbahayakah Bagi Tubuh?Foto: Upil


Pendapat yang sama diungkapkan juga oleh dr Rusdian Utama Roieslani, SpTHT-KL beberapa waktu lalu, bahwa ingus yang kadung masuk perut tidak membahayakan. Kecuali jika ingus tersebut masuk ke telinga, sebab itu bisa memicu otitis media efusi yang bisa memicu gangguan pendengaran.

"Ya nggak apa-apa, masuk perut sih nggak bahaya," kata dr Rusdian.

Otitis media efusi merupakan gangguan pendengaran yang ditandai dengan adanya cairan di rongga telinga bagian tengah. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak terlalu kuat saat melesitkan ingus.

Baca juga: Cegah Flu di Musim Pancaroba dengan 8 Makanan Sehat Ini

(hrn/up)
News Feed