Minggu, 22 Okt 2017 19:00 WIB

Wabah Pes Misterius Tewaskan 94 Orang di Madagaskar

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Wabah pes misterius yang menyerang Madagaskar mulai memakan korban jiwa. Tercatat sudah ada 94 orang yang meninggal akibat penyakit ini.

Direktur Emergensi WHO Afrika, Ibrahima Soce Fall, mengatakan wabah pes misterius sudah menginfeksi 1.153 orang di Madagaskar sejak bulan Agustus tahun ini. Namun tiba-tiba angka kematian pasien meningkat drastis hingga hampir 100 orang di bulan Oktober.

Baca juga: Penyakit Misterius Serang Liberia, 12 Orang Meninggal Tiba-tiba

"WHO sudah akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan agar wabah pes ini tidak menyebar lebih parah dengan menyalurkan antibiotik dan kebutuhan lainnya," ungkap Ibrahima, dikutip dari Reuters.

Ibrahima mengatakan WHO sudah mengirimkan sekitar 5.000 dosis antibiotik dan 100.000 obat profilaktis untuk pencegahan. Bagi para petugas kesehatan dan kebersihan, WHO juga mengirimkan bantuan 150.000 set perlengkapan keamanan.

Seperti diketahui, pes adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis. Penyakit ini disebarkan oleh hewan pengerat seperti tikus dan tupai, dan lebih sering terjadi di tempat dengan higienitas yang buruk.

Ibrahima mengatakan Madagaskar adalah salah satu daerah endemis pes. Namun wabah yang terjadi tahun ini merupakan yang terburuk akibat cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di beberapa wilayah.

Baca juga: Idap Penyakit Misterius, Dua Bocah di Pakistan Lumpuh Saat Malam Tiba

(mrs/up)