Rabu, 25 Okt 2017 18:05 WIB

Live Chat detikHealth

Benarkah Penyakit Jantung Memperbesar Risiko Stroke?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Penyakit jantung berpotensi besar terserang stroke/Foto: Getty Images
Jakarta - Salah seorang pembaca detikHealth menyampaikan pertanyaan dalam Live Chat yang digelar siang tadi. Pertanyaannya, apakah mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung berpotensi besar terserang stroke.

Selain menanyakan penyakit jantung yang berpotensi stroke, pembaca dengan akun okuni juga menanyakan apa saja faktor penyebab stroke itu sendiri.

Menurut dokter spesialis bedah saraf dari Mayapada Hospital, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, jantung merupakan mesin utama sirkulasi darah. Apabila terdapat gangguan pada jantung, maka kemungkinan besar terjadi gangguan pembuluh darah di otak. Tentunya hal ini memicu munculnya stroke.

Baca juga: Yuk Cegah Stroke dengan Kenali Aneka Penyebabnya

"Kalau punya penyakit jantung, betul berpotensi ya..," jawab dr Ryu, demikian ia disapa, dalam Live Chat 'Mitos dan Fakta Seputar Stroke'.

Mengenai faktor penyebabnya, umumnya, dikatakan dr Ryu, ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit stroke, di antaranya yang paling utama adalah diabetes melitus, hipertensi atau tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

"Genetik (kekakuan pembuluh darah), stres, yang lain masih buanyaaakkkk," tambah dr Ryu.

Meski stroke menyerang secara mendadak, namun stroke bisa diprediksi dengan menurunkan risiko penyebabnya, yaitu dengan berhenti merokok, olahraga yang terkesan santai bukan olahraga kompetisi dan juga tidak makan berlebihan terutama tidak makan makanan yang berlemak.

"Kalau ada sakit diabetes, harus minum obat sampai gula darah normal. Kalau ada hipertensi, minum obat sampai tekanan darah normal yaaa," saran dr Ryu.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Keluarga Terserang Stroke

(hrn/up)