Kamis, 26 Okt 2017 11:15 WIB

Live Chat detikHealth

Saran Dokter Agar Terhindar dari Stroke Berulang

Suherni Sulaeman - detikHealth
Saran dokter agar terhindar stroke berulang adalah harus konsumsi obat secara rutin/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pasien stroke memang biasanya mendapat berbagai penanganan dan pengobatan di rumah sakit, mulai dari operasi dan pemberian obat pengencer darah. Namun penanganan yang diberikan hanya berfungsi mengembalikan atau menyelamatkan fungsi-fungsi tubuh yang masih bisa diselamatkan, bukan menyembuhkan penyakit sepenuhnya.

Terkait hal ini, seorang pembaca menyampaikan pertanyaannya melalui Live Chat soal bagaimana tindakan atau penanganan agar tidak terkena stroke untuk yang kedua kalinnya.

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, atau yang akrab disapa dr Ryu, dokter spesialis bedah saraf dari Mayapada Hospital, mengatakan bahwa agar tak terserang stroke berulang maka obat-obatan yang diberikan oleh dokter, wajib dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Kenapa Kalau Pernah Stroke Bisa Kena Lagi?

"Pola makan sehat dan gaya hidup dijaga (kalorinya jangan berlebihan) ps: jangan jeroan yaa," tulis dr Ryu dalam Live Chat 'Mitos dan Fakta Seputar Stroke'

"Olahraga santai. Jangan dibawa stress yaaaa...enjoy ajaa," tambah dr Ryu.

Stroke sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yakni stroke iskemik (penyumbatan) dan stroke hemoragik (perdarahan). Dua-duanya memerlukan operasi jika ada indikasi otak bengkak, pembendungan cairan, dan lainnya.

Baca juga: Yuk Cegah Stroke dengan Kenali Aneka Penyebabnya (hrn/up)