Kamis, 26 Okt 2017 15:12 WIB

Berbagai Kondisi Kehamilan Tak Lazim yang Pernah Ditemukan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Fetus in fetu adalah salah satu dari masalah kehamilan yang ada. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ada sejumlah kondisi kehamilan yang tidak umum terjadi tapi benar-benar ada. Salah satunya adalah kondisi fetus in fetu yang dikabarkan telah dialami oleh remaja asal Grobogan, GY (17).

Selain kondisi tersebut, ada beberapa istilah medis yang bisa dialami menyangkut masalah kehamilan seperti yang akan detikHealth kupas di bawah ini secara lebih mendetail.

1. Teratoma

Dr Cathy Burnweit, ahli bedah anak dari Nicklaus Children's Hospital di Miami sebelumnya mengatakan teratoma adalah semacam tumor yang berasal dari sel germinal. Sel-sel seperti ini akan tumbuh menjadi gamet yakni sel telur pada perempuan dan sperma pada laki-laki, namun di tahap awal bisa saja tumbuh menjadi sel apapun, demikian dikutip dari Live Science.

Baca juga: Tumor di Otak Berisi Tulang dan Gigi, Embrio Saudara Kembar?

2. Fetus in fetu

Fetus in fetu masuk kategori kejadian langka karena terjadi pada 1 banding 500 ribu kelahiran. Fenomena ini terjadi ketika sebuah embrio kembar yang tercipta dalam uterus kemudian tumbuh namun pada saat pertumbuhannya gagal melakukan pemisahan. Kondisi ini memungkinkan ditemukannya janin cacat dalam tubuh kembarannya, yang tampak seperti 'menelan' saudara kembarnya sendiri.

Baca juga: Heboh Remaja Laki-laki 'Melahirkan', Ini Kemungkinan yang Terjadi

Fetus in fetu adalah kejadian langka yang terjadi pada satu banding 500 ribu kelahiran.Fetus in fetu adalah kejadian langka yang terjadi pada satu banding 500 ribu kelahiran. Foto: ilustrasi/thinkstock


3. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik terjadi saat sel telur yang dibuahi berkembang di tempat selain di rongga rahim, biasanya menempel dan bertumbuh di tuba fallopi. Embrio yang berada bukan di rahim tidak akan bisa bertahan sehingga harus diberikan perawatan segera.

4. 'Hamil anggur' (Mola Hidatidosa)

Dunia kedokteran menyebutnya sebagai kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi akibat kegagalan pembentukan janin. Bentuknya memang mirip gerombolan buah anggur, sehingga orang menyebutnya hamil anggur.

Tumor jinak mirip anggur tersebut berasal dari trofoblas, yakni sel bagian tepi ovum atau sel telur yang telah dibuahi, dan nantinya melekat di dinding rahim. Kemudian akan menjadi plasenta (tembuni) serta membran yang memberi makan hasil pembuahan.

Hamil anggur sebenarnya merupakan tumor jinak yang memang berbentuk mirp anggur.Hamil anggur sebenarnya merupakan tumor jinak yang memang berbentuk mirip anggur. Foto: ilustrasi/thinkstock

Baca juga: Hamil Anggur, Ketika Wanita Tidak Mengandung Janin Sebenarnya (ajg/ajg)