Selasa, 31 Okt 2017 12:42 WIB

4 Fakta Terkait Penyakit Herpes Genital

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Fakta seputar herpes masih kurang dipahami banyak orang. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Herpes genital merupakan salah satu penyakit kulit disebarkan oleh sebuah virus yang herpes simplex virus. Nah, penyakit ini seringkali dikaitkan dengan ada kegiatan seks bebas. Padahal faktanya tidak selalu demikian.

Agar tidak salah pemahaman mengenai penyakit yang satu ini, dikutip dari Health, Selasa (31/10/2017), kenali dulu fakta-fakta yang ada tentang penyakit yang satu ini.

1. Herpes bisa tersalurkan lewat seks oral

Kenyataannya menurut Raquel Dardik, MD, asisten profesor klinis di NYU Langone's Joan H. Tisch Center for Women's Health, penyakit seksual menular tidak selamanya tertular dengan hubungan intim. Herpes dapat menyebar selama seks oral jika Anda atau pasangan Anda terkena herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1).

2. Herpes tidak mempengaruhi kesuburan

Mary Rosser, MD, PhD, direktur Obstetrics and Gynecology di Montefiore Medical Center menegaskan bahwa herpes tidak mempengaruhi kesuburan seseorang. "Herpes tidak mempengaruhi kesuburan Anda dan ada banyak cara untuk memastikan virusnya tidak terkena bayi Anda," jelasnya.

Baca juga: Herpes Simplex dan Herpes Zoster, Apa Bedanya?

3. Terjangkit herpes tidak selamanya berarti berselingkuh

"Anda bisa terinfeksi pada usia 20 tahun dan virusnya akan muncul lagi saat berumur 40 tahun," tutur Dr Dadik. Virus bisa tetap berada di sistem tubuh meskipun tidak aktif. Dalam beberapa kasus, kehidupan yang penuh stres dan penyakit lainnya bisa memancing virus ini untuk timbul.

4. Herpes adalah hal umum

"Banyak orang memiliki gagasan ini bahwa penderita herpes adalah orang yang hina, tapi ternyata tidak," kata Dr Rosser. "Ini sangat umum, siapa pun bisa mendapatkan herpes."

Baca juga: Saran Dokter Agar Aman Bercinta Meski Suami Kena Herpes Genital (up/up)