Selasa, 31 Okt 2017 16:48 WIB

Berbagai Kasus Seperti Wawan, Paku Bersarang di Dalam Perut

Suherni Sulaeman - detikHealth
Paku di dalam perut Wawan, pria asal Tasikmalaya/Foto: Deden Rahadian
Jakarta - Selama dua bulan terakhir, Wawan, pria asal Tasikmalaya mengeluh sakit di bagian perutnya. Dokter lantas memeriksa dan menunjukkan foto hasil rontgen bahwa terdapat banyak paku di dalam perut Wawan. Bahkan ada satu paku yang sampai melukai perutnya hingga tembus kulit luar.

Menurut spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes atau yang akrab disapa dr Linda dari RS Permata Depok, secara anatomi benda asing yang tertelan sekitar 70 persen biasanya tersangkut di kerongkongan bagian atas. Walau jarang, tapi ada juga beberapa kasus benda asing yang tersangkut di kerongkongan tengah ataupun di area penyempitan yang berbatasan dengan lambung.

"Pernah lihat nggak kalau di sirkus ada orang yang masukkan pedang ke mulut. Nah sebenarnya, mulai dari rongga mulut sampai menuju saluran pencernaan itu kalau posisinya disesuaikan gitu ya, itu saluran kita mirip-mirip tabung panjang," tutur dr Linda.

Baca juga: Kata Dokter THT Soal Kemungkinan Paku Tertelan ke Dalam Perut

"Alat endoscopy yang dipakai untuk mengeluarkan benda asing di saluran pernapasan kan juga besar," terangnya lagi.

Berbagai Kasus Seperti Wawan, Paku Bersarang di Dalam PerutWawan, pria asal Tasikmalaya yang kerap memakan paku/Foto: Deden Rahadian


Sebenarnya, Wawan bukanlah kasus pertama yang terjadi. Pada beberapa bulan lalu, Hendro Wijatmiko, pria asal Situbondo, Jawa Timur, juga dilarikan ke rumah sakit setelah mengaku sakit perut parah. Hasil rontgen mengungkapkan ada benda tajam seperti pisau, paku dan koin logam di dalam perutnya.

Tak hanya dalam negeri, di China juga ada kasus serupa. Pria yang dirahasiakan identitasnya itu melakukan aksi nekat dengan menelan 8 paku sepanjang 15 cm di sebuah pesta untuk memberi kesan kepada teman-temannya. Sayang berujung petaka, akibat aksi nekat tersebut ia harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh nyeri hebat di perutnya.

Baca juga: Terungkap! Ini Penyebab Paku Ada Dalam Perut Pria Tasikmalaya


(hrn/up)