Kamis, 02 Nov 2017 18:38 WIB

Makanan yang Bisa Jadi Sahabat Saat Diare

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Saat diare, cobalah beberapa makanan ini untuk meredakannya. Foto: iStock Saat diare, cobalah beberapa makanan ini untuk meredakannya. Foto: iStock
Jakarta - Duuh diare buat perut terasa kurang nyaman dan bikin badan makin lemas. Agar kembali sehat, yuk coba bantu tubuh agar cepat pulih dengan mengonsumsi makanan yang bisa jadi sahabat saat diare.

Apa saja? Dikutip dari Live Strong, Kamis (2/11/2017), berikut ini daftar makanan yang bisa kamu coba agar masalah pencernaan tersebut bisa secepatnya teratasi. Tapi ingat ya, makanan ini hanya membantu, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter terlebih jika sudah berlangsung lama dan bahkan disertai darah pada feses.

1. Gandum utuh

Gandum merupakan makanan yang memiliki serat tinggi. University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa serat dapat membantu mengatasi diare ringan atau sedang. Kandungan serat larut yang juga ditemukan pada gandum dapat menyerap kelebihan air pada usus yang mana akan membuat kotoran jadi lebih padat.


Baca juga: Jangan Anggap Remeh Diare yang Terjadi Berhari-hari Selama Puasa


2. Yogurt

Kandungan bakteri baik pada yogurt yang disebut probiotik dapat mendorong terciptanya pencernaan yang sehat. Sebuah studi yang ada pada International Journal of Clinical Practice menemukan fakta menarik mengenai konsumsi susu fermentasi dengan Lactobacillus Casei sebanyak 100 gram per hari yang terbukti dapat menurunkan diare secara signifikan.

3. Jus sayur dan kaldu bening

University of Maryland Medical Center merekomendasikan jus sayur seperti wortel dan seledri serta kaldu bening atau sup miso ketika sedang mengalami diare. Makanan ini memang tidak akan membuat diare Anda berhenti secara tiba-tiba, namun akan membantu menjaga kadar cairan dan keseimbangan elektrolit sehingga membantu proses pemulihan.

Baca juga: Jangan Sepelekan Diare, Keluhan Ini Banyak Bikin Puasa Batal

(up/up)