Jumat, 03 Nov 2017 15:20 WIB

Ketombe Bukan karena Kulit Kering, Ini Faktanya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ketombe bukan karena kulit kepala yang kering. Foto: thinkstock Ketombe bukan karena kulit kepala yang kering. Foto: thinkstock
Jakarta - Srak! Srak! Ketombe benar-benar membuat kulit kepala gatal. Tunggu dulu, sebelum beralih ke sampo anti ketombe, sebaiknya kenali dulu penyebabnya agar Anda bisa mengatasinya dengan lebih baik.

Sudah sejak dulu orang dibuat percaya bahwa kulit kepala yang kering adalah penyebab ketombe muncul, padahal menurut Jessica Wu, M.D., asisten profesor klinis dermatologi di University of Southern California Medical School ini adalah sebuah kesalahpahaman.

"Kesalahpahaman yang umum bahwa ketombe disebabkan oleh kekeringan. Pada kenyataannya, biasanya ini terjadi karena kelebihan pertumbuhan jamur yang tidak berbahaya," jelasnya.


Baca juga: Ketombe Bisa Menular, Mitos atau Fakta? Begini Kata Para Dokter


Masalah makin bertambah ketika Anda tidak pernah mencuci rambut secara berkala. Ketika malas mencuci rambut, minyak atau sebum serta tumpukan sel kulit mata yang dihasilkan menjadi makanan jamur tersebut, sehingga ketombe akan semakin banyak.

Namun, kalau Anda masih saja mengalami ketombe meski sudah rajin keramas (bahkan telah menggunakan sampo anti ketombe) lebih dari dua minggu, mungkin ada penyebab lain yang melatarbelakangi masalah tersebut.

Peradangan pada kulit kepala misalnya, karena penggunaan produk perawatan rambut yang memakai bahan kimia keras sehingga membuat Anda alergi atau mengalami sensitivitas, demikian dilansir Everyday Health.

Tak ada salahnya juga untuk mengunjungi dokter kulit untuk membantu Anda mengatasi ketombe. Dari pada kuit kepala luka-luka karena terlalu sering digaruk?


Baca juga: Mirip Ketombe, Ini Ciri Kulit dengan Penyakit Autoimun Psoriasis




(up/up)