Rabu, 15 Nov 2017 13:00 WIB

Saat Kena Flu Harus Banyak Makan, Benarkah?

Erika Kurnia - detikHealth
Meningkatkan imunitas saat terinfeksi flu bisa dilakukan dengan banyak cara. Foto: Getty Images Meningkatkan imunitas saat terinfeksi flu bisa dilakukan dengan banyak cara. Foto: Getty Images
Jakarta - Ada yang bilang sakit flu akan lebih baik jika kita banyak makan. Hal ini seperti kesimpulan yang ditarik oleh satu studi kecil pada 2002.

Dilansir dari Dailymail, Rabu (15/11/2017), dari penelitian terhadap enam pasien terlihat bahwa infeksi seperti virus baiknya dilawan dengan banyak makan. Cara ini akan meningkatkan respon imunitas yang bisa menghancurkan virus penyebab flu.

"Banyak makan makanan sehat dengan gizi seimbang, cukup buah dan sayuran. Pastikan Anda makan makanan yang mengandung nutrisi sehat agar bisa membantu fungsi tubuh dalam melawan infeksi," saran Colin Dougall, ahli farmasi klinis dari LloydsPharmacy di Glasgow, Inggris.

Baca juga: Ingin Sembuh dari Pilek dalam 24 Jam? Begini Caranya

Pada kondisi tertentu di mana sakit flu membuat Anda tidak nafsu makan, ia menyarankan agar tetap mengonsumsi banyak air putih untuk melawan infeksi. Lalu bagaimana dengan konsumsi vitamin C tambahan?

"Beberapa orang mengatakan vitamin C bisa membantu, tapi preferensi personal setiap orang berbeda-beda. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat mempersingkat durasi sakit flu. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan," katanya.

Baca juga: Flu Cepat Sembuh dengan Vitamin C, Tapi Perhatikan Dosisnya

(up/up)
News Feed