Kamis, 16 Nov 2017 09:08 WIB

Pakai Piama yang Sama Setiap Malam, Boleh Tidak?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jangan memakai piama yang sama setiap tidur lebih dari 3 hari. Foto: thinkstock Jangan memakai piama yang sama setiap tidur lebih dari 3 hari. Foto: thinkstock
Jakarta - Apakah Anda termasuk orang yang suka memakai piyama yang sama setiap malam? Meskipun terkesan tidak sejorok memakai celana dalam yang sama dalam jangka waktu lama, memakai piama sekali pun hanya untuk tidur lebih dari beberapa hari juga tidak baik untuk kesehatan.

Berdasarkan panduan dari The Good House Keeping, memakai baju tidur yang sama untuk malam selanjutnya sah-sah saja dilakukan, namun dengan catatan tidak lebih dari tiga malam.

Alasannya? Piama yang kita kenakan tentu bersentuhan langsung dengan kulit. Malam berganti malam, tumpukan bakteri dan sel kulit mati terakumulasi di piama yang Anda pakai. Karena itu, Anda tidak perlu menunggu waktu lebih lama untuk mengganti piama.

Baca juga: 10 Kesalahan Wanita Memilih dan Memakai Pakaian Dalam

Terlebih jika Anda termasuk orang yang mudah berkeringat setiap malam. Berkeringat akan membuat pakaian menjadi lembab. Lembab merupakan tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh.

Usai mengenakannya, jangan lupa untuk langsung mencucinya. Cuci dengan temperatur tinggi jika memungkinkan sehingga bakteri yang terkumpul di baju tidur Anda bisa lebih efektif dibasmi, demikian dikutip dari Body+Souls.

Bersihkan juga mesin cuci sebelum menggunakannya untuk mencuci baju tidur Anda. Anda tidak ingin membuat piyama tampak bersih saja tapi dihinggapi banyak kuman bukan?

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Memakai Celana Dalam yang Bisa Ganggu Kesehatan (ask/up)
News Feed