ADVERTISEMENT

Senin, 20 Nov 2017 12:30 WIB

Ini Alasan Melakukan Gerakan Squats Secara Rutin

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Squats yang jadi andalan Shafa Aliya ternyata punya banyak manfaat untuk tubuh Anda. Foto: thinkstock
Jakarta - Tidak salah jika Shafa Aliya, remaja yang jadi perbincangan karena melabrak Jennifer Dunn, menyebut squats sebagai rahasia body goals yang dimilikinya. Gerakan sederhana ini bisa dilakukan di mana saja, dan hasilnya termasuk salah satu yang paling efektif mengencangkan tubuh bagian bawah.

Ada beberapa kelebihan squats dibanding gerakan lain. Dikutip dari healthmeup.com, berikut ini di antaranya:

Baca juga: Shafa Aliya Putri Sarita Gemar Olahraga, Netizen: Body Goals!


1. Membakar kalori

Squats bisa menjadi solusi Anda jika ingin membakar kalori tanpa banyak bergerak atau berpindah tempat, terutama untuk membakar kalori tubuh bagian bawah seperti paha, betis dan pinggul. Melakukan squats selama 15 menit bisa membakar kalori lebih 200 kalori per hari.

2. Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan

Squats dapat melatih otot tubuh bagian bawah, ini sekaligus akan melatih keseimbangan dan kekuatan tubuh Anda. Saat Anda menahan posisi setengah jongkok, otot akan dituntut menopang berat tubuh dan menyeimbangkan posisi. Olahraga ini akan membuat kaki lebih kuat dan penting untuk keseimbangan saat bertambah usia.

Baca Juga: Sederet Artis yang Juga Jadi Body Goals karena Rajin Squats

3. Membangun massa otot tubuh

Olahraga ini akan membantu membangun otot tubuh, terutama di bagian kaki. Squats merupakan olahraga kaki terutama meliputi bagian paha depan, paha belakang dan betis. Anda akan membangun otot lebih baik di bagian tersebut, membakar lemak berlebih dan mengubahnya menjadi otot yang kencang.

4. Meningkatkan metabolisme

Squats bisa menciptakan lingkungan anabolik untuk membangun otot, memicu pelepasan hormon testosteron dan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan massa otot, sekaligus membantu metabolisme glukosa dan lemak serta sensitivitas insulin, sehingga melindungi tubuh terhadap kondisi kesehatan seperti diabetes, obesitas dan masalah kardiovaskuler.

5. Mencegah cidera

Squats dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian bawah, ligamen dan jaringan. Selain itu juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Sebagian besar cedera bisa terjadi di bagian kaki, dan latihan squats akan mengurangi risiko cedera kaki karena sudah dilatih fleksibilitasnya.

Baca Juga: Berbagai Variasi Squats, Rahasia Body Goals ala Shafa Aliya (Azmy Cahya Ramadhaniar/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT