Senin, 20 Nov 2017 13:37 WIB

Catat! Waktu Terbaik agar Tidur Siang Bermanfaat Maksimal

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Tidur siang atau power nap disebut mampu mengembalikan konsentrasi dan kreativitas ketika bekerja. Catat waktu terbaik untuk tidur siang menurut pakar. Foto: admn
Jakarta - Tidur siang atau power nap mampu mengembalikan konsentrasi dan kreativitas yang dibutuhkan saat bekerja. Agar manfaatnya maksimal, tidur siang sebaiknya dilakukan di jam-jam ini.

Pakar kesehatan tidur sekaligus penulis buku Take a Nap! Change Your Life, Sara C. Mednick, PhD, menyebut waktu paling ideal untuk tidur siang adalah di antara pukul 1 siang hingga 3 sore. Dengan catatan, tidur siang tidak boleh lebih dari 20 menit.

Baca juga: Terapkan 5 Trik Ini Agar Power Nap Anda Bisa Memberikan Hasil Maksimal

"Tidur selama 15 hingga 20 menit mampu membuat sistem tubuhmu kembali siaga, dan membuat otak kembali segar untuk melanjutkan aktivitas," ungkap Sara.

"Waktu paling ideal untuk melakukannya adalah pukul 1 siang hingga 3 sore. Pastikan juga Anda sudah makan siang sebelumnya, dan memberi jarak minimal satu jam antara makan siang dan tidur siang," tambahnya lagi, dikutip dari WebMD.

20 Menit merupakan waktu ideal untuk tidur karena tidur masih berada di fase 2, dan belum memasuki fase rapid eye movement (REM). Jika tidur siang lebih dari 20 menit, manfaatnya justru berkurang dan Anda malah terbangun dalam keadaan pusing dan masih mengantuk.

Hal ini terjadi karena saat tidur lebih dari 20 menit, tubuh memasuki fase tidur ketiga, di mana otot-otot tubuh mengendur untuk bersiap melakukan relaksasi. Ketika Anda tidur siang dan terbangun di fase ketiga, otot mulai mengendur, pikiran tidak fokus dan badan terasa lemas.

Sara mengatakan tidur siang tak hanya bermanfaat bagi otak. Riset membuktikan tidur siang teratur selama 20 menit setiap hari sangat bermanfaat untuk mengurangi stres hingga mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Baca juga: Mahasiswi AS Ciptakan 'Kulit Kacang' untuk Tidur Siang di Kantor

(mrs/up)