Selasa, 21 Nov 2017 13:39 WIB

Gabung Komunitas Ini Bisa Olahraga Gratis Tis Tis

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Widiya/infografis
Jakarta - Banyak orang yang ingin olahraga fitness tapi takut bayar mahal di pusat kebugaran atau gym. Tetapi di Kota Depok ada yang gratis tis tis!

Ialah komunitas Street Workout Depok atau bisa disebut SWORD yang bertempat di Taman Merdeka, Jalan Merdeka No.9, Mekar Jaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Komunitas yang sudah berdiri sejak tahun 2015.

Dikunjungi detikHealth saat SWORD berolahraga, pengurus dan mantan ketua, Arwiyandilla Gesja mengatakan bahwa awal mula komunitas ini dibentuk atas dasar kegemaran para pendirinya terhadap olahraga.

"Awalnya di depok belum ada komunitas seperti ini, jadi melihat kota besar seperti Bandung dan Jakarta lebih banyak. Daripada nongkrong-nongkrong nggak jelas, mending kita bawa masyarakat Kota Depok untuk olahraga bareng," ujarnya.

Karena antusias warga Depok yang cukup tinggi, hingga saat ini sudah menjaring sekitar 300 orang untuk ikut bergabung dengan rentang usia muda hingga dewasa.

Baca juga: Olahraga Malam-malam, Sehatkah? Dokter: Kapan Saja Bisa

Di komunitas ini disajikan latihan gerakan-gerakan kalistenik, yaitu bentuk latihan dengan cara memaksimalkan penggunaan berat tubuh sendiri dalam proses membentukan otot.

"Jadi ada kelasnya, nggak bisa langsung. Orang bisa pull up kayak gitu ada step by step-nya," tambah pria yang akrab disapa Ges.

Komunitas SWORD menggratiskan kegiatannya untuk anggota atau siapapun yang ingin bergabung.Komunitas SWORD menggratiskan kegiatannya untuk anggota atau siapapun yang ingin bergabung. Foto: Widiya Wiyanti


Sementara itu, salah satu anggotanya yaitu Rahmi pun turut memberikan alasan menarik kenapa lebih memilih olahraga dengan komunitas ini dibandingkan di tempat gym.

"Kalau ke gym kan bayar, kalau ini kan fasilitas free nggak bayar. Paling cuma iuran seikhlasnya, kita beliin buah atau snack gitu," kata Rahmi.

Nah, yuk ikut berolahraga di jadwal yang sudah tersedia, yaitu setiap hari Selasa-Kamis pukul 19.00 dan pada hari Minggu pukul 08.00.

Baca juga: Ke Mal Jangan Cuma Nongkrong, Yuk Olahraga dengan Komunitas Ini

Lihat keseruan olahraga bareng komunitas SWORD di video ini:



Ingin komunitas olahraga kamu 'eksis' di detikHealth? Kirim profil singkat serta nomor kontak yang bisa dihubungi ke redaksi@detikHealth.com (wdw/up)