Senin, 27 Nov 2017 16:27 WIB

Jelaskan Kontroversi Kangen Water, Dokter Ini Singgung Elektrolisis

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Masyarakat yang sejak beberapa tahun lalu menggunakan Kangen Water sebagai kebutuhan sehari-hari tengah dibuat bimbang mengenai khasiatnya yang masih jadi perbincangan akhir-akhir ini.

Pasalnya, Kementerian Kesehatan RI mempermasalahkan berbagai klaim mengenai mesin tersebut yang menyatakan bahwa sebagai 'medical device' yang diakui negara dan produknya yang bisa menyehatkan dan/atau menyembuhkan penyakit.

Menanggapi hal ini, dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa masyarakat harus mencari tahu mengenai hal-hal yang sedang diperdebatkan seperti Kangen Water ini.

"Jadi kalau kita mencari informasi yang subjektif tentang Kangen Water, jangan ketik 'Kangen Water'-nya, tapi ketik HRw (hydrogen reduced water) atau ERw (electrolyzed reduced water). Itu di jurnal-jurnal banyak," ujarnya kepada detikHealth, Senin (27/11/2017).

Baca juga: Kemenkes Angkat Bicara Soal Kangen Water

Masyarakat harus diberikan edukasi lebih mengenai isu ini, sebab menurut beberapa penelitian, air yang diproduksi mesin dengan proses elektrolisis seperti Kangen Water memiliki manfaat untuk kesehatan.

Namun, dr Zaidul menegaskan bahwa air ini bukan obat yang dapat menyembuhkan seperti yang diklaim dalam brosur yang beredar saat ini.

"Kalau sakit dikasih resep-resep, obat-obatan sama dokter ya tetap harus konsultasi sama dokter, bukan digantikan Kangen Water," pungkas dokter yang menyebut diri inspirator sehat alami tersebut.

Baca juga: Dokter Ini Sebut Kangen Water Bermanfaat, Walau Memang Bukan Obat

(wdw/up)