Senin, 27 Nov 2017 18:30 WIB

Asal-usul Nama Kangen Water, Air Minum yang Diklaim Dapat Menyembuhkan

Firdaus Anwar - detikHealth
Kangen water yang jadi perdebatan punya asal usul yang menarik untuk dikupas. Foto: iStock
Jakarta - Air alkali kangen water, yang diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan, beberapa hari ini menjadi bahan perbincangan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut bahwa klaim manfaat kangen water belum teruji dan mendapat izin edar sehingga tidak boleh diperjualbelikan.

Ada yang pro terhadap kangen water dan ada juga yang kontra. Tapi sebetulnya dari mana asal-usul air ini?

Meski kata 'kangen' di Bahasa Indonesia merujuk pada perasaan rindu, kangen water sama sekali tidak berhubungan dengan itu. Kangen water berasal dari bahasa Jepang 'Kan-Gen' yang berarti kembali ke asal.

Kembali ke asal karena kangen water mengembalikan kesehatan peminumnya seperti semula.

Dikutip dari situs distributor resmi mesin kangen water, Enegic Indonesia, semua bermula dari seorang pria Jepang bernama Hironari Oshiro. Di masa mudanya Oshiro adalah seorang akuntan yang melihat peluang bisnis di masa depan dengan mesin elektrolisis.

"Tahun 1990 (Oshiro -red) memprediksi kesehatan akan menjadi fokus utama bisnis di abad ke-21 dan membuat transisi besar untuk menjual Mesin Air Kangen Elektrolisis," tulis Enagic Indonesia.

Baca juga: Warning BPOM: Kangen Water Tidak Boleh Dikemas dan Diedarkan!

Di Jepang sendiri perusahaan yang didirikan Oshiro telah memperoleh sertifikasi dari departemen kesehatan dan diakui sebagai fasilitas manufaktur perangkat medis. Kangen water cukup populer sehingga Enagic membuka banyak jaringan untuk menjual mesin elektrolisisnya di berbagai negara termasuk Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kini menyoroti kangen water karena sering dijual dengan berbagai klaim kesehatan yang belum teruji. Hal ini disebut bisa jadi informasi menyesatkan.

"PT Enagic Indonesia sama sekali tidak pernah memberikan persetujuan atau izin dalam bentuk apapun kepada pihak manapun untuk melakukan pemasaran dan/atau penjualan air dalam kemasan apapun, dengan nama apapun, di lokasi manapun, dan/atau melalui media manapun (baik media cetak, media sosial, maupun website), tanpa terkecuali," tulis Enargic Indonesia dalam situsnya.

Baca juga: Dokter Ini Sebut Manfaat Air Alkali Sama Dengan Air Zamzam

(fds/up)