Selasa, 28 Nov 2017 09:37 WIB

Perusahaan Ini Pecat 69 Karyawannya Karena Menolak Vaksin

Firdaus Anwar - detikHealth
Perusahan di bidang kesehatan Essentia Health dilaporkan memecat sekitar 69 karyawannya. Alasan pemecatan karena mereka menolak vaksinasi. Foto: thinkstock
Jakarta - Perusahaan kesehatan Essentia Health dari Minnesota, Amerika Serikat, dilaporkan telah memecat sekitar 69 karyawannya. Para karyawan dipecat karena mereka menolak mendapat vaksinasi dengan berbagai alasan.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan Essentia Health memang mewajibkan seluruh karyawan ikut vaksinasi flu sebelum tanggal 10 November 2017. Dalam keterangan dicantumkan bahwa hanya beberapa alasan saja yang dapat diterima bila ada yang tidak mau divaksinasi.

Baca juga: Marak Anti Vaksin, Beberapa Daerah Ini Pernah KLB Penyakit

Kebanyakan karyawan menolak karena alasan religius dan kesehatan.

Menurut pihak Essentia Health karyawan diwajibkan mendapat vaksin demi melindungi pasien yang tengah dirawat. Rumah sakit (RS) adalah tempat di mana banyak patogen berkumpul sehingga mungkin saja malah jadi sarana penularan.

"Pasien datang ke RS karena mereka sakit," ujar Ketua Kualitas Keamanan Pasien dan Penyakit Infeksi Essentia Health dr Rajesh Prabhu.

"Para pasien ini sangat rentan sehingga bisa mengalami kejadian buruk ketika terpapar influenza. Virus tersebut dapat membunuh," pungkasnya seperti dikutip dari NBC News.

Baca juga: Hukuman Bagi yang Menolak Memberikan Vaksin pada Anak di Indonesia

(fds/up)