Selasa, 05 Des 2017 18:05 WIB

Risiko Gangguan Saraf Akibat Cedera Tulang Seperti Dialami Stuntman Demian

Hanna Pratiwi - detikHealth
Dokter menjelaskan risiko patah tulang tidak bisa diabaikan begitu saja, apalagi jika tulang yang diserang berada di area tulang belakang. Foto: dok. Instagram
Jakarta - Insiden 'Death Drop' yang dialami Edison, stuntman Demian, membuat tulang pinggul dan lima tulang rusuknya patah. Bahkan, Edison atau pria yang akrab disapa Echon ini sempat tidak dapat merasakan kaki kirinya. Meskipun begitu, kondisinya kini semakin membaik.

"Hari in dah bisa keluar dari ICU... Kaki kiri sudah bisa di gerakan dari yg sebelumnya tidak ada rasa. Hope for the best for his next surgery. #stuntmanganteng @_demianaditya_," tulis kakak Edison di media sosial.

Terlepas dari masalah tersebut, kecelakaan yang mencelakai tulang terlebih jika sudah menyerang tulang belakang memang harus diwaspadai. Sebab, jika seseorang jatuh atau mengalami trauma sampai mengenai tulang belakangnya bisa menyebabkan kelumpuhan kaki, seperti dijelaskan oleh dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, dari RS Medistra, Jakarta.

Baca juga: Demian dan Keluarga Edison Akhirnya Beri Penjelasan soal Death Drop

"Kalau akibat jatuh kena tulang belakang bisa menyebabkan kelumpuhan kaki. Tulang belakang kan dari leher sampai tulang ekor. Tapi tergantung tingkat, dimana letak kerusakannya," ujarnya kepada detikHealth melalui saluran telepon.

Jika kerusakan terjadi pada area leher, biasanya bagian tangan yang akan terserang kelumpuhan. Sedangkan apabila kerusakan terjadi di kaki, bagian dada ke bawah hingga kedua kaki yang bisa mengalami kelumpuhan.

"Kalau kena sumsum tulang belakang bisa buat buang air besarnya sulit. Jika sumsum tulang belakang sampai ada yang patah dan pendarahan itu bisa berakibat pada kelumpuhan juga," tutupnya.

Baca juga: Lansia yang Punya Pasangan Lebih Jarang Cedera Tulang Pinggul (ask/up)