Rabu, 13 Des 2017 19:00 WIB

Perhatikan Hal Ini Agar Nyaman Serumah dengan Mertua

Suherni Sulaeman - detikHealth
Trik nyaman tinggal serumah dengan mertua dari sisi psikologi. Foto: 20detik Trik nyaman tinggal serumah dengan mertua dari sisi psikologi. Foto: 20detik
Jakarta - Pilihan tempat tinggal menjadi salah satu hal penting yang dibicarakan bersama kekasih sebelum memasukki masa-masa pernikahan. Namun untuk urusan tempat tinggal tersebut tak sedikit pasangan yang memilih untuk hidup satu atap dengan mertua karena berbagai alasan.

Apapun alasanya, hidup bersama mertua tentu bukanlah suatu yang mudah. Akan ada saat di mana istri ataupun suami, atau bahkan dua duanya membutuhkan privasi. Di sinilah biasanya masalah bermula.

Nah, menurut psikolog klinis dewasa, Sri Juwita Kusumawardhani MPsi, hidup dengan mertua akan lebih mudah jika semuanya dipersiapkan dan disikapi dengan baik. Hal pertama, untuk bisa merebut hati mertua, tentunya kita perlu tahu apa yang mertua suka dan apa yang mertua nggak suka.

"Nah pertama tentunya kita perlu tanya sih sama pasangan kita apa saja sih hal-hal yang disukai dan yang nggak disukai oleh orang tuanya," kata Wita, demikian ia disapa, dalam video Bincang Sehat.

Baca juga: Saran Psikolog untuk Ambil Hati Calon Mertua, Seperti Bobby ke Jokowi

Selain itu, miliki juga sikap hormat dan sopan sehingga bisa tinggal bersama menjadi sebuah keluarga. Misalnya saja, tidak menggunakan pakaian yang serba terbuka saat di dalam rumah.

"Ya mungkin nggak keluar dengan pakaian yang terlalu terbuka ketika di dalam rumah. Tidak sama ketika kita tinggal hanya berdua saja dengan pasangan," ucap Wita.

Kemudian, imbuh Wita, ketika tinggal bersama mertua, tentunya perlu juga mengetahui budaya serta tradisi keluarga tersebut. Pahami juga perbedaan-perbedaan yang ada di dalam keluarga tersebut.

"Di rumah itu ada rules-rules tertentu nggak yang perlu kita ikuti. Misalkan, pulang jangan kemalaman atau kalau di rumah tuh nggak ada yang suka makanan pedas, dan lain-lain. Jadi kita perlu mengikut budaya-budaya di rumah," tutur Wita.

Ingin tahu lebih lengkap penjelasan Wita soal bagaimana tinggal serumah dengan mertua? Simak videonya di sini.



Baca juga: Manfaat Bulan Madu Bagi Pasangan yang Baru Menikah

(hrn/up)
News Feed