Senin, 18 Des 2017 14:07 WIB

Sekilas Tentang TRX, Olahraga yang Bikin Gracia Indri Cepat Kurus

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Total Body Resistance Exercise atau TRX disebut sebagai olahraga Gracia Indri hingga bisa menurunkan berat badan lebih dari 20 kilogram. Foto: Gracia Indri (Noel/detikHOT) Total Body Resistance Exercise atau TRX disebut sebagai olahraga Gracia Indri hingga bisa menurunkan berat badan lebih dari 20 kilogram. Foto: Gracia Indri (Noel/detikHOT)
Jakarta - Di tengah kabar perceraian yang menerpanya, Gracia Indri sukses menurunkan bobot hingga 22 kg. Olahraga dan diet menjadi kunci suksesnya program penurunan berat badan Gracia Indri.

"Setiap diet nggak semua badan beda. Olahraga nggak semua badan cocok. Aku olahraga lebih ke RPM sepeda, TRX, dan body combat," ujar Gracia Indri, beberapa waktu lalu, dikutip dari detikHot.

Baca juga: Tips Pilih Olahraga Tepat Agar Cepat Kurus Seperti Gracia Indri

Lalu, apa sih yang disebut sebagai TRX? Secara ringkas, TRX merupakan singkatan dari Total Body Resistance Exercise. dr Michael Triangto, SpKO dari RS Mitra Keluarga Kemayoran mengatakan TRX sejatinya bukan olahraga yang dimaksudkan untuk menurunkan berat badan.

"TRX itu untuk melatih otot, keseimbangan. Sehingga untuk menurunkan berat badan kurang tepat," ujar dr Michael ketika dihubungi detikHealth.

Gerakan TRXGerakan TRX Foto: ilustrasi/thinkstock

Berdasarkan sejarahnya, TRX adalah olahraga yang dilakukan bagi pasukan khusus Amerika Serikat. Olahraga ini diperkenalkan kepada masyarakat umum oleh Randy Hetrick, mantan anggota pasukan khusus Amerika Serikat sekitar tahun 2000-an.

Mengandalkan kaki dan tangan sebagai pusat tumpuan, dan tali elastis sebagai alat bantu, TRX lebih fokus untuk melatih otot perut. Olahraga ini tergolong olahraga berat yang membakar kalori dalam jumlah banyak, dan sangat efektif untuk membentuk otot di bagian perut dan bahu.

Manfaat lain dari olahraga TRX adalah membuat kekuatan di tulang belakang menjadi lebih stabil. Namun sama seperti olahraga berat lainnya, TRX jika dilakukan asal-asalan dan tanpa panduan yang tepat justru bisa mencelakakan diri karena risikonya yang cukup besar.

dr Michael menyebut karena merupakan latihan untuk otot, TRX kurang tepat jika dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun jika ingin mencoba latihan TRX saat program menurunkan berat badan, menurutnya sah-sah saja asalkan dengan bantuan instruktur.

"Asal kita senang bergerak ya enak-enak saja. Tergantung panduan dari instruktur, program yang kita ingin capai juga dijelaskan ke instrukturnya biar tercapai," tutupnya.

Baca juga: Berat Badannya Turun hingga 20 Kilogram, Ini Tips dari Gracia Indri



(mrs/up)
News Feed