Sabtu, 23 Des 2017 20:05 WIB

Tips Sehat Akhir Tahun

Tetap Sehat Meski Makan Enak Saat Natal

Suherni Sulaeman - detikHealth
Ingat jangan kalap makan saat natal. (Foto: Thinkstock/detikFood)
Jakarta - Tak lama lagi, umat Kristiani akan menyambut sukacita Natal. Berbagai sajian lezat dihidangkan di meja makan untuk dinikmati bersama keluarga. Dengan alasan 'mumpung' liburan dan ada banyak makanan enak, terkadang membuat kita lupa diri akan kesehatan.

Akan tetapi, ada juga lho yang sengaja melewatkan sajian Natal lantaran khawatir berat badan meningkat. Nah, agar tetap bisa menikmati dan mencicipi makanan enak saat Natal, ahli gizi memberikan saran untuk Anda. Seperti apa?

Ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, mengatakan semua makanan yang biasa menghiasi meja makan saat Natal, seperti keju, daging, tak terkecuali kue, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung banyak gula dan lemak.

"Semua makanan terutama suguhan kue-kue, basah maupun kering, karena banyak gula dan lemaknya," kata Victoria kepada detikHealth.

Baca juga: Jangan Kalap Saat Natal, Kalori yang Dikonsumsi Bisa Meningkat 3 Kali

Lanjut Victoria, jika posisinya Anda sebagai tamu dan dijamu dengan berbagai makanan, sebaiknya atur porsi dan kontrol keinginan makan dengan menyantap makanan dalam porsi kecil. Misalnya kue, Anda cukup mengambil satu potong kue saja.

"Ambil 1 potong kue saja jika ditawari," imbuh pemilik akun Twitter @Leona_victoria.

Victoria menambahkan, saat berada di pesta Natal, tuan rumah juga tak jarang menyuguhkan minuman bersoda ataupun minuman manis. Nah, saat itu, Anda bisa pilih air putih atau air mineral saja. Jika minum teh, sebaiknya tanpa tambahan gula alias teh tawar.

"Meminum teh tawar atau air putih saja saat berkunjung," saran Victoria.

Baca juga: Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Jika Minum 2 Kaleng Soda dalam Sepekan (hrn/up)