Minggu, 24 Des 2017 08:03 WIB

Permen Bohlam di China Ini Dikhawatirkan Bisa Merusak Rahang

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: BBC Foto: BBC
Jakarta - Menurut Xibu Online saat ini ada tren di mana orang-orang di china merekam diri mereka sendiri sedang mencoba permen bohlam. Disebut permen bohlam karena memang bentuknya dibuat semirip mungkin dengan bohlam rumahan berukuran diameter 6 sentimeter (cm) dan panjang 10 cm.

Terkait hal tersebut dokter khawatir tren mengonsumsi permen bohlam ini akan meningkatkan kasus cedera. Alasannya karena kebanyakan orang berusaha memakan permen dengan memasukkan seluruhnya ke dalam mulut.

Baca juga: Dokter Ingatkan Bahaya di Balik Tren Pass Out Challenge

"Ada potensi cedera mekanik yang perlu diperhatikan. Pada umumnya seseorang hanya bisa membuka mulut sekitar 4 cm, sementara diameter permen mencapai 6 cm," kata dr Zhang Jin'an seperti dikutip dari BBC, Sabtu (23/12/2017).

Permen Bohlam di China Ini Dikhawatirkan Bisa Merusak RahangPermen bohlam dikhawatirkan bisa merusak rahang/Foto: BBC


Apabila seseorang memaksa diri untuk membuka mulut lebar-lebar, ada kemungkinan persendian rahangnya tidak kuat hingga bisa terkilir. Selain itu karena susah juga untuk langsung menghabiskan permen, jalan napas bisa tertutup membuat tersedak.

Masuk musim libur natal dan tahun baru penjualan permen bohlam ini memang dilaporkan meningkat. Satu retailer online Taobao misalnya sudah berhasil menjual sekitar lebih dari 2.700 permen dan kini sudah kehabisan stok.

Dokter mengingatkan agar orang-orang tidak mengikuti tren mengonsumsi permen bohlam ini.

Baca juga: Dianggap Bahaya, Tren Memasukkan Kondom ke Hidung Dikecam (fds/up)