Selasa, 02 Jan 2018 09:45 WIB

Minum Teh Panas Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Glaukoma

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Minum teh panas setiap hari disebut dapat menurunkan risiko mengalami glaukoma. Foto: iStock Minum teh panas setiap hari disebut dapat menurunkan risiko mengalami glaukoma. Foto: iStock
Jakarta - Sebuah studi dari Amerika Serikat menyebut manfaat terbaru minum teh setiap hari. Minum teh panas setiap hari disebut dapat menurunkan risiko mengalami glaukoma.

Glaukoma merupakan salah satu gangguan penglihatan yang dapat menyebabkan kebutaan permanen. Dalam studi yang dipublikasikan di British Journal of Ophthalmology, peneliti dari University of California, Los Angeles, menyebut minum teh panas setiap hari berisiko lebih rendah 74 persen untuk mengalami glaukoma.

"Glaukoma adalah penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan dan sampai saat ini belum ada obatnya. Cara terbaik untuk mencegah glaukoma tentu saja dengan rutin melakukan pemeriksaan mata," ungkap Dr Anne Coleman yang melakukan penelitian, dikutip dari Reuters.

Baca juga: 4 Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan: Sehatkan Usus Hingga Detoks

"Namun perubahan gaya hidup sehat dapat membuat perbedaan, salah satunya dengan minum teh panas setiap hari seperti yang ditemukan oleh studi kami," tambahnya lagi.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis data kesehatan 1.700 partisipan yang berusia di atas 40 tahun. Dari seluruh partisipan, hanya 82 orang atau 5 persen yang mengalami glaukoma.

Hampir setengah dari partisipan diketahui rutin minum kopi setiap hari, namun hanya kurang dari 10 persen yang minum teh setiap hari. Peneliti menemukan tidak ada hubungan peningkatan atau penurunan risiko glaukoma pada kelompok yang rutin minum kopi, es teh, teh dekaf, dan juga soft drink.

Namun pada mereka yang rutin minum teh panas, angka kejadian glaukomanya lebih rendah dibandingkan dengan kelompok lainnya. Karena itu Coleman menganjurkan agar kebiasaan minum teh dilanjutkan karena terbukti bermanfaat.

Baca juga: Menurut Ilmuwan Minum Teh Hitam Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan (mrs/up)
News Feed