Selasa, 02 Jan 2018 15:05 WIB

Jangan Buru-buru Minum Obat, Anda Bisa Lakukan Tips Ini Untuk Atasi Migrain

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jangan buru-buru minum obat, ini tips yang bisa dilakukan untuk atasi migrain/Foto: iStock
Jakarta - Ada banyak obat dengan atau tanpa resep yang dapat membantu meringankan beberapa gejala migrain. Meski belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan migrain, ada baiknya Anda melakukan perubahan kecil dalam diet dan gaya hidup Anda untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain.

Dilansir dari shape.com.sg, berikut beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi migrain tanpa minum obat, apa saja itu?

Baca juga: Ini Lho Perbedaan Antara Migrain dan Sakit Kepala Biasa

1. Cium aroma lavender

Bagi banyak orang, aroma lavender bisa menenangkan dan mengurangi stres. Ini juga merupakan obat rumah yang baik untuk migrain dan sakit kepala pada umumnya. Anda dapat menghirupnya, namun bila Anda memiliki alergi, sebaiknya jangan langsung diteteskan pada kulit Anda.

2. Ubah diet Anda

Makanan atau produk tertentu seperti susu, buah-buahan tertentu seperti alpukat, pisang dan jeruk, ditambah daging seperti daging asap dan hot dog bisa memperburuk sakit migrain. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengontrol apa yang Anda makan.

3. Minum teh peppermint

Karena sifat pendinginannya, peppermint diketahui bisa membuka sinus yang bisa membantu Anda bernapas lebih jernih dan tenang. Hal ini dapat meningkatkan oksigen ke aliran darah yang kemudian dapat membantu meringankan ketegangan pada migrain.

4. Pijat pelipis Anda

Pemijatan ini adalah cara alami untuk meredakan sakit di sekitar kepala dan membuat tubuh terasa nyaman dan juga bisa menghilangkan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi.

5. Padamkan lampu

Saat mengalami migrain, Anda biasanya menjadi lebih peka terhadap cahaya dan suara. Karena itu, sebaiknya istirahat di ruang gelap dan sepi sehingga bisa mengurangi rasa sakit kepala.

6. Kompres dengan air panas atau air es

Mengompres leher atau kepala dengan air panas ataupun air dingin dapat membantu meredakan migrain. Tentunya masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Kompres dengan air dingin bisa membunuh rasa sakit migrain, sementara kompres dengan air panas dapat mengendurkan otot yang tegang pemicu migrain.

7. Minum kopi

Minum kopi dapat meredam rasa sakit akibat migrain, terutama pada tahap awal karena kafein memiliki efek mengurangi rasa sakit. Tetapi Anda harus ingat, untuk meminumnya dalam dosis kecil.

Baca juga: 10 Fakta Mengejutkan Tentang Migrain (hrn/up)