Kamis, 04 Jan 2018 13:07 WIB

Ilmuwan Kembangkan Tangan Bionik 'Luke Skywalker' yang Bisa Rasakan Sentuhan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ilmuwan sedang mengembangkan tangan bionik yang bisa merasakan sentuhan mirip dengan tangan yang dimiliki tokoh Star Wars Luke Skywalker. Foto: BBC Ilmuwan sedang mengembangkan tangan bionik yang bisa merasakan sentuhan mirip dengan tangan yang dimiliki tokoh Star Wars Luke Skywalker. Foto: BBC
Jakarta - Kemajuan zaman memungkinkan adanya organ tubuh bionik. Baru-baru ini, ilmuwan asal Roma, Italia, sudah berhasil mengembangkan tangan bionik yang bisa merasakan sentuhan.

Penelitian soal tangan bionik yang bisa merasakan sensasi sentuhan sudah dilakukan pada tahun 2014. Sayangnya, komputer dan alat sensor yang dibutuhkan untuk bisa merasakan sentuhan masih berukuran besar sehingga tidak bisa dibawa keluar dari laboratorium.

Kini, peneliti bisa memadatkan komputer dan alat sensor ke dalam satu tas kecil yang bisa dibawa. Dengan begitu, mobilitas para pengguna tangan bionik ini nantinya tidak akan terganggu.

Baca juga: Bukan Sekadar Pengganti Organ, Tangan Bionik Ini Punya 'Perasaan' Lho

"Target kami adalah membuat tangan bionik seperti Luke Skywalker di film Star Wars, yakni tangan prostetik yang dikontrol sepenuhnya oleh otak manusia, bisa merasakan sentuhan, dan identik dengan tangan manusia," ujar Professor Silvestro Micera dari EPFL Lausanne and Sant'Anna School of Advanced Studies yang melakukan penelitian, dikutip dari BBC.

Almerina Mascarello adalah penerima tangan bionik pertama yang bisa merasakan sentuhan. Dengan pengujian mata tertutup, Almerina diminta mengidentifkasi apakah benda yang dipegangnya keras atau lembut.

"Rasanya seperti tangan asli. Aku bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya sulit seperti memakai baju, memakai sepatu, dan lain-lain. Namun perasaan terhebat adalah aku merasa menjadi manusia seutuhnya," ujar Almerina yang kehilangan tangan kirinya 25 tahun lalu karena kecelakaan.

Tangan bionik buatan Tangan bionik buatan Foto: BBC

Prof Micera sadar bahwa tangan bionik seperti Luke Skywalker masih jauh dari harapan. Namun penelitian ini adalah satu langkah maju menuju ke sana.

Salah satu masalah utama adalah bagaimana mentransfer sensasi sentuhan yang dirasakan tangan bionik ke otak, dengan komputer yang lebih kecil. Jika hal ini sudah bisa dilakukan, baru langkah selanjutnya adalah memikirkan gerakan kompleks yang bisa dilakukan tangan dengan 5 jari, sebelum membuat model tangan yang benar-benar mirip tangan manusia.

"Penelitian selanjutnya adalah bagaimana memberikan kontrol penuh atas tangan bionik ke otak," tutupnya.

Baca juga: Tangan Bionik, Tangan Palsu yang Bisa Merasakan Tekstur dan Ukuran Sesuatu

(mrs/up)
News Feed