Minggu, 07 Jan 2018 09:19 WIB

Oh Begini! 5 Arti Bahasa Tubuh yang Sering Ditemukan Sehari-hari

Aisyah Kamaliah - detikHealth
5 arti bahasa tubuh yang ditemukan sehari-hari/Foto: Thinkstock 5 arti bahasa tubuh yang ditemukan sehari-hari/Foto: Thinkstock
Jakarta - Sikapmu adalah cerminan dirimu, begitu juga dari bahasa tubuhmu. Jika kamu ingin mengenal seseorang dengan baik atau responnya mengenai keberadaan atau interaksi yang kamu lakukan, yuk coba cari tahu maksud sinyal dipancarkan lawan bicaramu di sini.

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (6/1/2018), berikut ini adalah penjelasan dari lima bahasa tubuh yang mungkin sering kamu temukan dalam keseharianmu. Wah, kalau begini, segala urusan termasuk PDKT bisa jadi lebih lancar ya hihi.

Baca juga: Membaca Makna di Balik Bahasa Tubuh Menggerak-gerakkan Kaki Saat Duduk

1. Berdiri dengan kaki terpisah

Posisi dengan kaki terbuka dengan bahu yang melebar adalah tanda dominasi atau determinasi menurut penjelasan dari psikolog Carol Kinsey Goman, penulis The Nonverbal Advantage. Tambahan lagi jika disertai dengan menolak pinggang, ini sangat menjelaskan arti dari sebuah kekuatan.

Baca juga: Kekasih Ngambek atau Tidak Bisa Dilihat dari Bahasa Tubuhnya

2. Mencondongkan tubuh

Intinya sederhana, ketika kamu tertarik dengan seseorang yang kamu sukai, kamu akan mencondongkan tubuh dengan orang tersebut. Sedangkan ketika kamu kurang menyukai, dari bahasa tubuh yang menjauh menunjukan bahwa kamu kurang menyukainya.

3. Melipat tangan depan dada

Tidak melulu berarti kemarahan, melipatkan tangan di depan dada dan disertai kaki yang menyilang adalah ciri dari posisi defensif. Kebanyakan dapat diartikan orang tersebut memang bersikap dingin. Tapi, ada juga yang memang menyukainya karena posisi tersebut dinilai nyaman, jelas Michael Cunningham, profesor komunikasi di University of Louisville.

4. Menyilangkan kaki

Perhatikan arah ke mana kaki mengarah ketika menyilangkan kakinya. Ketika di tengah perbincangan lawan bicara membiarkan jari-jari kakinya terangkat ke atas itu menunjukan orang tersebut menilai kamu positif.

Baca juga: Bahasa Tubuh Bayi dan Artinya

5. Sudut tubuh

Jika ingin tahu apakah kamu diterima oleh teman-teman baru di lingkungan kerja baru, coba perhatikan sudut yang ia bentuk ketika kamu mencoba bergabung dengan mereka. Apabila pendatang tersebut disukai, lawan bicara akan cenderung condong ke depan sebesar kurang lebih 45 derajat.


(ask/up)