Selasa, 23 Jan 2018 19:45 WIB

Kerap Disangka Sakit Mag, Perut Kembung Bisa Menandakan Serangan Jantung

Widiya Wiyanti - detikHealth
Hati-hati kadang apa yang disangka perut kembung bisa jadi tanda sakit jantung. (Foto: Getty Images) Hati-hati kadang apa yang disangka perut kembung bisa jadi tanda sakit jantung. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Dikatakan oleh sopir pribadi, Deni, Sys NS sebelum meninggal mengeluhkan sakit perut dan kembung di pagi hari. Setelah makan, mantan penyiar radio itu sempat pingsan namun nyawanya tak tertolong. Ia meninggal sekitar pukul 11.00, Selasa (23/1/2018).

Perut kembung memang sering menjadi salah satu gejala masuk angin. Istilah masuk angin sendiri adalah kumpulan berbagai macam keluhan tidak merasa enak pada badan.

Namun yang perlu diingat, tidak semua perut kembung adalah gejala masuk angin. Dalam banyak kasus, perut kembung juga merupakan gejala dari serangan jantung.

Menurut Prof Dr Budhi Setianto, SpJP, FIHA dari Pusat Jantung Nasional, gejala serangan jantung yang lebih spesifik disertai nyeri dada.

"Nyeri dada pada serangan jantung bukanlah nyeri pada tulang atau kulit, tetapi nyeri dari dalam dan rasanya tidak hilang-hilang. Kalau sudah seperti itu dan memang punya faktor risiko jangan dikerok, langsung saja dibawa ke rumah sakit," pesan Prof Budhi dikutip dari artikel detikHealth sebelumnya.

Baca juga: 5 Gejala Serangan Jantung yang Tak Biasa

Sementara itu, perut kembung juga kerap disangka gejala dari sakit mag. Padahal menurut dokter spesialis penyakti dalam, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang mengatakan bahwa gejala sakit mag mirip dengan gejala sakit jantung.

"Kalau seseorang dengan faktor risiko yang banyak untuk penyakit jantung, mengeluh sakit mag, mungkin kita pikirkan bukan sakit mag dulu, tapi selalu pikirkan sakit jantung yang memang sedang menyerang, khususnya bagian bawah jantung," ujar dr Hendra.

Maka jika mengalami perut kembung yang disertai dengan nyeri dada, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk diagnosis. Salah-salah penanganan, bisa jadi berakibat fatal.

Baca juga: Video: Mirip Gejala Mag Padahal Indikasi Sakit Jantung (wdw/up)
News Feed