detikhealth

Video: Mirip Gejala Mag Padahal Indikasi Sakit Jantung

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 12/09/2017 14:46 WIB
Video: Mirip Gejala Mag Padahal Indikasi Sakit JantungGejala mag tidak selalu sakit asam lambung, bisa jadi indikasi penyakit jantung/Foto: Thinkstock
Jakarta, Ternyata mag tidak selalu merupakan salah satu gejala utama penyakit asam lambung. Meski sekilas gejalanya memang terasa mirip, tapi gejala mag alias sakit lambung bisa jadi indikasi serangan jantung. Nah, bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak penuturan dokter ahli berikut ini.

Dokter spesialis penyakti dalam, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang mengatakan bahwa organ jantung dengan organ lambung adalah dua hal yang berbeda. Karena itu tidak pernah ada orang sakit mag atau asam lambung yang berlebihan menimbulkan sakit jantung bahkan menyebabkan kematian.

"Harus diingat bahwa orang jantung dengan mag berbeda dan setiap serangan jantung harusnya kan ada faktor risiko serangan jantung," ujar dr Hendra, sapaan akrabnya dalam video Bincang Sehat bersama detikHealth.

Menurutnya faktor terjadinya sakit jantung, antara lain adalah faktor usia tua di atas 45 tahun, wanita yang mendekati masa menopause, orang-orang dengan kolesterol tinggi, orang dengan hipertensi dan juga orang dengan diabetes.

Baca juga: Tak Cuma Nyeri Dada, Ini Gejala Serangan Jantung yang Perlu Anda Tahu

"Orang dengan darah kental, orang dengan gaya hidup yang tidak sehat dan faktor genetik," tambah dr Hendra.

Dikatakan dr Hendra, apabila seseorang memiliki faktor risiko penyakit jantung kemudian mengeluh sakit mag bisa jadi bukan asam lambung meningkat, melainkan sakit jantung. Pasalnya, organ jantung berada di rongga dada, sementara lambung berada di rongga perut yang berhimpitan.

Sehingga ketika ada seseorang dengan faktor risiko jantung mengeluh sakit mag, sebaiknya pikirkan kemungkinan serangan jantung khususnya dinding bagian bawah jantung.

"Kalau seseorang dengan faktor risiko yang banyak untuk penyakit jantung, mengeluh sakit mag, mungkin kita pikirkan bukan sakit mag dulu, tapi selalu pikirkan sakit jantung yang memang sedang menyerang, khususnya bagian bawah jantung," terangnya.

"Kalau orang-orang sakit mag, orang-orang muda nggak punya risiko dengan penyakit jantung mengeluh sakit jantung mungkin kita pikirkan memang sakit mag jadi bukan penyakit jantungnya," pungkas dr Hendra.

Baca juga: Pernah Kena Serangan Jantung? Gaya Hidup Harus Segera Diubah

Penjelasan dr Hendra soal sakit lambung bisa menyebabkan sakit jantung bisa Kamu simak dalam video Bincang Sehat berikut ini:





(hrn/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit