Jumat, 26 Jan 2018 17:05 WIB

Sepele, Tapi Aktivitas Sehari-hari Ini Bisa Membahayakan Tulang Belakang Lho

Suherni Sulaeman - detikHealth
Tampak sepele, tapi kegiatan sehari-hari ini bisa membahayakan tulang belakang/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Salah satu bagian tubuh yang tidak boleh luput untuk dijaga adalah tulang belakang atau tulang punggung. Tak hanya sebagai penyangga tubuh, tulang belakang juga melindungi sumsum tulang belakang yang berisi jaringan saraf yang amat vital agar tak menjadi masalah ketika tua kelak.

Tetapi, tanpa disadari, ada beberapa kegiatan sehari-hari yang diam-diam bisa membahayakan kesehatan serta posisi tulang belakang. Untuk itu, seperti dikutip dari Women's Weekly, Anda harus menghindari kebiasaan-kebiasaan salah tersebut berikut ini. Apa saja:

Baca juga: Ini Risikonya Jika Terlalu Banyak Menggunakan Gadget

1. Tisu toilet yang sulit dijangkau

Menempatkan tisu gulung toilet terlalu jauh ke depan ataupun terlalu jauh ke belakang dari closet dapat menyiksa punggung Anda. Tempat ideal untuk meletakkan tisu gulung adalah sekitar 65 cm dari lantai dan 20 sampai 30 cm di depan closet.

2. Berbaring di bantal yang tidak mendukung

Jika bantal Anda terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, ini bisa membuat ketegangan pada otot yang terhubung ke tulang belakang. Leher akan terasa kaku dan sulit digerakkan.

3. Mengangkat nampan berat dari oven yang rendah

Kebiasaan lain yang membuat tulang belakang sakit adalah mengangkat panggangan dari oven yang rendah. Untuk mengatasinya adalah tekuk lutut, pastikan saat menekuk badan tetap tegak lurus. Kemudian barulah angkat nampan dari oven.

Baca juga: Angkat Beban Berat, Begini Triknya Agar Punggung Tetap Sehat

4. Mengambil benda berat dari atas rak

Saat mengambil sesuatu dari atas, tulang belakang akan membentang dan bisa berakibat buruk pada punggung. Jadi, jika akan mengambil sesuatu yang berat di atas, usahakan menggunakan kursi untuk mengurangi tekanan seminimal mungkin dan menjaga tulang belakang.

5. Menonton TV terlalu lama

Terus-terusan memandang layar televisi akan membuat leher dan bahu Anda menjadi tegang. Hal yang sama pula ketika Anda menatap layar ponsel atau tablet selama berjam-jam. Oleh karena itu, alihkan pandangan ke tempat lain dan sesekali bergerak. (hrn/up)