Kamis, 08 Feb 2018 18:36 WIB

Kisah Thor di Dunia Nyata Lawan Cystic Fibrosis yang Diidapnya

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Thor di dunia nyata yang idap cystic fibrosis. Foto: Instagram/benmudge_ Thor di dunia nyata yang idap cystic fibrosis. Foto: Instagram/benmudge_
Jakarta - Ben Mudge terlahir dengan cystic fibrosis, sebuah gangguan pada paru-paru yang menghalanginya melakukan hal-hal tertentu, salah satunya berolahraga.

Padahal sejak kecil, Ben dikenal sebagai anak yang aktif. Namun saat usianya menginjak 18 tahun, ia terserang infeksi paru-paru karena cystic fibrosis. Ia pun sempat dirawat di rumah sakit.

Saat itu dokter mengatakan bahwa kapasitas paru-parunya hanya tinggal 66 persen. Ini cukup rendah untuk ukuran orang muda sepertinya.

"Ini mengerikan. Sebelumnya saya tak pernah mengalami masalah dengan pernapasan. Tetapi setelah itu, saya sering merasa seolah-olah ada yang meremas paru-paru saya. Saat itulah saya tahu bahwa saya harus berolahraga," kata Ben kepada The Independent.

Menurut Mayo Clinic, cystic fibrosis merupakan sebuah penyakit genetik yang menyebabkan kerusakan pada sejumlah organ, di antaranya paru-paru dan sistem pencernaan.

Singkatnya, selain susah bernapas, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan sehingga mereka sulit menaikkan berat badan.

Namun Mayo Clinic juga menyebut olahraga teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung pengidap cystic fibrosis.

Kisah Thor di Dunia Nyata Lawan Cystic Fibrosis yang DiidapnyaFoto: Instagram/benmudge_


Ben mengaku mulai berolahraga sejak 12 tahun lalu. Kini di usianya yang sudah menginjak 27 tahun, kerja kerasnya pun terbayar. Kapasitas paru-parunya saat ini mencapai 95 persen, semuanya berkat latihan di gym yang dilakukannya secara rutin.

"Awalnya hanya untuk mengangkat barbell saja sulit," timpalnya. Namun kini postingan di Instagramnya dipenuhi oleh berbagai latihan yang berhasil dilakukannya.

Baca juga: Idap Cystic Fibrosis, Nichola Tak Bisa Gemuk Meski Asup 8.000 Kalori Sehari

Ada cerita menarik mengapa ia dijuluki Thor. Pria yang mengaku memang mengagumi sosok dewa dari Asgard itu mengisahkan, saat itu seorang teman mengomentari jika wajahnya mirip Thor saat berlatih di gym.

Dari situ ia memutuskan untuk memanjangkan rambutnya. "Memanjangkan rambut agar bisa mirip dengan Thor ini juga menjadi bagian penting yang membuat saya terus termotivasi dan mendorong saya untuk terus berlatih," tuturnya.

Ia bahkan menjadi inspirasi bagi 55.000 follower-nya di Instagram, terutama bagi pengidap cystic fibrosis lainnya.

Kisah Thor di Dunia Nyata Lawan Cystic Fibrosis yang DiidapnyaFoto: Instagram/benmudge_


"Luar biasa mendengar mereka mengirim pesan kepadaku. Hanya dengan mengunggah foto dan kisahku menghadapi cystic fibrosis, memperlihatkan bekas luka di perutku, bahkan memamerkan nebuliserku, ternyata membuat mereka bangga memiliki kondisi yang sama denganku," pungkasnya.

Ia juga menjadi seorang personal trainer, termasuk untuk pasien cystic fibrosis. Bedanya, klien dengan cystic fibrosis hanya bisa menerima pelatihan secara online karena dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi silang.

Baca juga: Diprediksi Bertahan Hidup 2 Tahun Lagi, Chloe Dapat Semangat dari Beckham (lll/up)
News Feed