Sabtu, 10 Feb 2018 15:28 WIB

Mantan Pemain MU Meninggal Karena Kanker Pankreas, Begini Gejalanya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Liam Miller meninggal setelah berjuang dengan kanker pankreas. Foto: Alex Livesey /Allsport Liam Miller meninggal setelah berjuang dengan kanker pankreas. Foto: Alex Livesey /Allsport
Jakarta - Dunia sepak bola kehilangan bakat terbaik dari seorang Liam Miller, mantan pemain Manchester United dan Celtic. Ia tutup usia pada usia 36 tahun.

Dikutip dari detikSport, Miller setahun terakhir bertarung menghadapi kanker pankreas. Meski pernah menjalani pengobatan ke Amerika Serikat, Miller pulang ke kampung halamannya di Cork, Republik Irlandia untuk menjalani kemoterapi.

Tapi nampaknya, sel kanker yang menggerogoti pankreasnya lebih kuat dari pada perjuangannya. Pankreas memang organ yang cukup vital karena memiliki peranan penting dalam mengubah makanan menjadi energi dengan enzim eksokrin dan enzim endokrin. Enzim eksokrin berfungsi membantu pencernaan sementara enzim endokrin yang terletak di bagian atas usus kecil berfungsi mengatur kadar gula darah.

Baca juga: Mantan Pemain MU Meninggal Dunia di Usia 36 Tahun

Ketua urologi dan kepala bedah robotik di Lenox Hill Hospital, dr David B Samadi mengungkapkan gejala kanker pankreas umumnya tidak terlihat sampai tumor tumbuh cukup besar dan mengganggu fungsi pankreas.

"Atau gejala baru terlihat jelas setelah menyebar ke organ lain di dekatnya seperti perut, hati, atau kantung empedu," kata dr Samadi seperti dikutip dari artikel detikHealth sebelumnya.

Kondisi yang bisa dicurigai sebagai salah satu gejala kanker pankreas adalah:

- Nyeri perut bagian atas menyebar ke belakang
- Penyakit kuning (warna kuning pada kulit dan mata)
- Nafsu makan dan berat badan yang berkurang tanpa kejelasan
- Kelelahan
- Pencernaan terhambat
- Mual
- Serangan diabetes tipe 2 pada orang di usia 50-an

Sementara, faktor risiko kanker pankreas yakni kebiasaan merokok, ada riwayat diabetes dan pankreatitis kronis, obesitas, genetik, serta diet tinggi daging, kolesterol, makanan yang digoreng dan nitrosamin.

Baca juga: Kenali, Kondisi yang Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Pankreas

(wdw/up)
News Feed