Sabtu, 10 Feb 2018 16:28 WIB

Kesalahan-kesalahan Saat Tidur Siang yang Membuatnya Tidak Bermanfaat

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Bermalas-malasan adalah salah satu kesalahan saat tidur siang yang buat jadi tidak bermanfaat. Foto: thinkstock Bermalas-malasan adalah salah satu kesalahan saat tidur siang yang buat jadi tidak bermanfaat. Foto: thinkstock
Jakarta - Di samping menyegarkan, tidur siang sebenarnya memiliki manfaat yang luar biasa bagi mereka yang sering mengeluh kurang tidur. Namun tidur siang pun tidak bisa sembarangan.

Ada sejumlah kesalahan yang tidak bisa dilakukan saat tidur siang lho. Sebab jika ini dilakukan, maka tidur siang Anda jadi sia-sia.

Kesalahan apa saja yang dimaksud? Simak paparannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/2/2018).

Baca juga: Bangun Tidur Siang Malah Makin Lelah, Kenapa Ya?

1. Tidak pasang alarm

Berbeda dengan tidur malam, tidur siang tidak boleh dilakukan terlalu lama, sehingga Anda perlu memasang alarm saat tidur siang agar tak kebablasan. Alasannya, tidur siang yang terlalu lama justru akan menyebabkan Anda pening saat terbangun.

Tidur siang hanya direkomendasikan selama 15-20 menit. "Waktu ini sudah cukup untuk menurunkan kadar hormon stres Anda dan membuat energi Anda lebih imbang untuk seharian," terang ahli tidur Chris Winter, MD dan penulis buku The Sleep Solution: Why Your Sleep is Broken and How to Fix It.

2. Bermalas-malasan

Mumpung sedang libur, Anda memilih tidur-tiduran atau bermalasan yang kemudian dilanjutkan dengan tidur siang. Padahal ini keliru, dan dampaknya terlihat ketika bangun tidur.

"Anda akan bangun dalam keadaan pening karena tadinya ritme sirkadian Anda sedang 'off'. Untuk itu ketika terbangun, Anda tidak sepenuhnya terjaga dan segar. Yang terjadi kemudian malah sulit berangkat tidur lagi," jelas Dr Winter.

Winter menyarankan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan meski hanya setengah jam sebelum tidur siang. Menurutnya ini memberikan efek yang lebih baik terhadap ritme sirkadian.

3. Memilih jam tidur seenaknya

Menata pola tidur yang baik adalah dengan berangkat dan bangun di jam yang sama. Ini juga berlaku untuk tidur siang. Buatlah jadwal khusus untuk tidur siang di jam yang sama dan lakukan secara rutin.

"Tidak harus setiap hari tidur siang, tetapi pastikan membuat jadwal jam dan hari tertentu di mana Anda akan tidur siang. Jika rutin dilakukan, ini akan terasa efektivitasnya," kata Dr Winter. (lll/up)
News Feed