Minggu, 11 Feb 2018 12:16 WIB

Manfaat Sehat Kentang: Cegah Penyakit Jantung Hingga Kaya Vitamin

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kentang punya banyak manfaat sehat lho! Studi terbaru dari Amerika Serikat menyebut kentang bisa mencegah penyakit jantung hingga kaya vitamin. Foto: iStock Kentang punya banyak manfaat sehat lho! Studi terbaru dari Amerika Serikat menyebut kentang bisa mencegah penyakit jantung hingga kaya vitamin. Foto: iStock
Jakarta - Kentang punya banyak manfaat sehat lho! Studi terbaru dari Amerika Serikat menyebut kentang bisa mencegah penyakit jantung hingga kaya vitamin.

Profesor Derek Stewart dari James Hutton Institute, Skotlandia, membantah klaim yang menyebut kentang sebagai makanan tidak sehat dan hanya tinggi karbohidrat. Dalam studinya, Stewart menyebut kentang mengandung banyak vitamin, mineral hingga serat.

Baca juga: Makan Malam dengan Kentang Rebus, Yus Sukses Turunkan Bobot 15 Kg

"Jika Anda harus hidup hanya dengan satu makanan selamanya, pilih kentang. Selain mengandung vitamin, mineral dan serat, kentang juga mengandung karotenoid dan polifenol yang baik untuk tubuh," ujarnya, dikutip dari Daily Mail.

Studi epidemiologi yang dilakukan Stewart menyebut konsumsi kentang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular. Hal ini terutama terlihat pada kelompok partisipan yang mengganti daging dengan sayuran dan kentang sebagai menu makanannya.

Meski begitu, Stewart menyebutkan manfaat kentang didapat dari memakan kentang utuh, baik itu direbus, ditumbuk, dikukus ataupun dipanggang. Makanan olahan kentang seperti keripik kentang dan kentang goreng tidak memiliki manfaat yang sama.

Hal senada juga dikatakan oleh Dr Mark Taylor, pakar diet dan gizi ternama. Dalam laporannya yang berjudul 'Potato - A basis for human nutrition and health benefits' Taylor menyebut kentang sama sehatnya dengan sayuran hijau dan buah-buahan.

Bahkan dikatakannya kandungan vitamin dan mineral pada kentang dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak yang berhubungan dengan demensia.

"Karena itu jangan salah, kentang baik dimakan saat diet karena mengandung banyak nutrisi," ujarnya.

Baca juga: Ganti Nasi dengan Sayur dan Kentang Bikin Berat Badan Indika Turun 12 Kg

(mrs/up)
News Feed