ADVERTISEMENT

Kamis, 15 Feb 2018 14:51 WIB

Soal Albothyl, BPOM Akan Keluarkan Public Warning

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Baru-baru ini beredar surat yang merekomendasikan penghentian pemakaian policresulen cair konsentrat yang dijual bebas terbatas di masyarakat untuk mengatasi sariawan. Dalam surat yang kemudian dibenarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tersebut dijelaskan hal ini dikarenakan risiko yang ditanggung tidak sebanding dengan manfaat yang ditawarkan. Disebutkan pula adanya laporan chemical burn pada mucosa oral akibat penggunaan policresulen obat luar konsentrat 36 persen.

Dihubungi detikHealth pada pagi ini, Nurma Hidayati, Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif, menjawab secara singkat bahwa pihak BPOM akan segera mengeluarkan peringatan resmi di website BPOM.

"Hari ini BPOM akan mengeluarkan public warning di web," kata Nurma seperti yang diterima detikHealth dari pesan singkat.

Selain itu, Nurma juga memberikan jawaban yang sama terkait kelanjutan pemakaian obat Albothyl untuk sariawan pada masyarakat luar. Ia menyebutkan bahwa pemakaian obat tersebut sebaiknya tidak digunakan kembali.

"Sebaiknya jangan digunakan lagi. Untuk jelasnya nanti di web ya," tutupnya.

Baca juga: Viral Surat BPOM Soal Albothyl, BPOM: Sementara Jangan Digunakan Dulu!

Di lain tempat, Deputi Bidang Penindakan BPOM Hendri Siswadi, SH, menjelaskan bahwa saat ini tindakan yang baru dilakukan masih dalam tahap pengujian dan tindakan lainnya yang dilakukan oleh bagian pengawasan. Belum ada tindakan penarikan produk yang dilakukan.

"Nanti ada penjelasan resmi, secepatnya dikasih tahu. Sekarang masih di tataran kedeputian pengawasan. Nanti kan biasanya ke pengawas dulu baru kepenindakan, tapi masih bergerak (prosesnya)," ujar Hendri.

Baca juga: BPOM Sebut Jangan Pakai Albothyl Dulu, Netizen Heboh

(ask/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT