Selasa, 20 Feb 2018 07:34 WIB

Chamber Hiperbarik di Manado Siap Layani Para Penyelam

MICHELLE DEJONKER - detikHealth
Chamber Hiperbarik akan diresmikan Maret 2018 di Manado. Foto: Michelle Dejonker Chamber Hiperbarik akan diresmikan Maret 2018 di Manado. Foto: Michelle Dejonker
Manado - Chamber hiperbarik dengan dimensi diameter 2,4 meter dan panjang 6,5 meter kini tersedia di Manado, Sulawesi Utara. Akan diresmikan Maret mendatang, chamber ini juga akan melayani para penyelam dengan masalah dekompresi.

"Alat ini sangat bermanfaat untuk para guide karena terfasilitasi dengan adanya Chamber dan meyakinkan ke para turis asing, bahwa menyelam di Sulut akan lebih aman dan nyaman, menjadi jaminan untuk keselamatan mereka pada saat mereka melakukan aktivitas penyelaman di Manado dan sekitarnya," kata Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol Drs Bambang Waskito.

Bagi para penyelam, keberadaan chamber hiperbarik di Manado dinilai sangat penting terutama dalam keadaan emergency. Karenanya, diharapkan pula chamber ini bisa beroperasi selama 24 jam.

Baca juga: Hiperbarik Oksigen, Terapi untuk Bantu Cukupi Kebutuhan Oksigen dalam Darah

"Karena alat chamber sering juga peruntukan untuk keadaan pasien emergency, dalam segi biaya juga cukup mahal. Harapannya dengan alat yang baru ini, pertama birokrasi, Penanganan pasien lebih CEPAT dan memaksimalkan fasilitas yang sudah ada, Siap 1x24 Jam operasional nya dan harga terjangkau bagi para penyelam lokal," kata Nelson Uada, salah seorang penyelam.

Baca juga: Chamber Terapi Oksigen Hiperbarik Kini Tersedia di Manado

(up/up)
News Feed