ADVERTISEMENT

Rabu, 28 Feb 2018 18:33 WIB

Cara Mengatasi Sinus Tanpa Operasi (2)

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Sinusitis adalah salah satu gangguan pernapasan yang ketika kambuh akan sangat mengganggu, khususnya di malam hari. Tersumbatnya hidung hingga bersin yang tak kunjung henti dapat menjadi salah satu tandanya.

Nah, jika Anda mengalami sinus, Anda dapat meredakan gangguannya dengan beberapa tindakan sederhana. Seperti dikutip dari Shape, inilah penanganan sederhana untuk sinusitis:

Baca juga: Cara Mengatasi Sinus Tanpa Operasi

1. Mandi air panas

Panas dan uap dari shower air panas dapat mengurangi gangguan sinus. Mandi dengan air panas juga bisa memberi sedikit kelegaan untuk ketidaknyamanan Anda. Sebagai alternatif, menghirup uap dari semangkuk air panas juga bisa dilakukan.

2. Kompres panas

Jika tekanan di sinus Anda mulai membuat Anda sakit kepala, rendam kain di air panas dan letakkan di sekitar hidung Anda dalam posisi berbaring. Ini bisa membantu menghangatkan bagian hidung dan mengurangi tekanan sinus.

3. Olahraga ringan

Brisk walk (jalan bergegas) atau jogging (lari kecil) dapat membantu meredakan sinus Anda karena bisa menyembuhkan hidung yang tersumbat saat Anda menarik napas dalam-dalam. Tapi penting untuk mengetahui sejauh mana batasan Anda melakukan olahraga dan segera hentikan jika itu justru memperburuk kondisi Anda.

4. Semprotan hidung

Jika masalah sinus Anda tetap ada meskipun sudah mempraktikkan beberapa cara, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan resep semprotan hidung. Ada beberapa jenis semprotan hidung seperti dekongestan, yang bisa membersihkan hidung tersumbat dengan mengecilkan jaringan bengkak di hidung Anda. Jenis lainnya termasuk antihistamin dan kortikosteroid.

Baca juga: 6 Cara Alami untuk Meringankan Sinus (hrn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT