Jumat, 09 Mar 2018 11:35 WIB

Hidup dengan Satu Ginjal? Ini Dampak dan Caranya Agar Tetap Sehat

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Hidup dengan satu ginjal bukan halangan untuk tetap hidup sehat. Foto: Tim Infografis Hidup dengan satu ginjal bukan halangan untuk tetap hidup sehat. Foto: Tim Infografis
Jakarta - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi sangat penting bagi tubuh, mulai dari menyaring darah hingga membantu produksi sel darah merah. Itulah sebabnya ketika seseorang mengalami gagal ginjal kronik, transplantasi ginjal adalah metode yang paling dicari. Tak jarang, sejumlah orang pernah nekat memasang iklan 'jual ginjal' meskipun perbuatan ini melanggar hukum.

Terlepas dari kasus jual ginjal, orang yang mendonorkan ginjal kepada pasien gagal ginjal kronik sebenarnya tidak memiliki permasalahan yang berarti dalam hidupnya. Ia pun tetap bisa memiliki kualitas hidup yang sama dengan orang yang memiliki dua ginjal.

"Orang yang hidup dengan satu ginjal yang sehat sama dengan orang yang hidup dengan dua ginjal. Kualitas hidupnya akan sama," kata dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, dokter ginjal dari MRCCC Siloam saat dihubungi detikHealth, beberapa waktu lalu.

Yang terpenting saat seseorang hendak memutuskan untuk mendonorkan ginjalnya, maka ia harus melakukan pemeriksaan. Tujuannya antara lain untuk memastikan kondisi ginjal yang tersisa apakah memungkinkan untuk bekerja secara normal sesuai fungsinya.

Nah, berikut ini adalah tips dari dokter untuk tetap bisa menjaga kesehatan ginjal meski hanya hidup dengan satu ginjal.

(ask/up)
News Feed