Selasa, 10 Apr 2018 17:10 WIB

Cara Cegah Diabetes, Penyakit yang Diidap Andika 'Kerispatih'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Foto: Dok. Instagram/dikabassman
Jakarta - Band Kerispatih sedang dirundung duka. Andika, bassist mereka, meninggal pagi tadi disebabkan penyakit diabetes yang sudah lama ia idap.

"Jadi memang sudah lama sakit diabetes, waktu gue di Kerispatih, dia kan gemuk banget dulu jadi kurus. Sudah lama normal, kita manggung biasa-biasa aja," ungkap Badai, mantan personel Kerispatih, dikutip dari detikHOT, Selasa (10/4/2018).

Tak hanya Andika, beberapa bulan lalu dunia musik ditinggalkan oleh Yon Koeswoyo, pentolan band 70-an Koes Plus, juga karena diabetes. Bahkan diabetes yang diidap Yon menimbulkan komplikasi pada livernya.

Di zaman sekarang, gaya hidup yang kurang baik seperti waktu bekerja yang tidak jelas dan tak banyak gerak membuat kita rentan terkena diabetes.



Penyakit disebabkan oleh hormon insulin yang mengatur gula darah dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Tiap tahunnya jumlah pasien diabetes terus meningkat.

Penyakit kencing manis ini bila tak segera ditangani dapat menimbulkan komplikasi. Komplikasi diabetes bisa menyerang berbagai organ tubuh, mulai dari mata, otak, ginjal hingga paru-paru dan kaki.

[Gambas:Video 20detik]





Pencegahan lebih baik daripada pengobatan, oleh karena itu sebelum terlambat kita cegah diabetes, dengan cara-cara berikut ini: (up/up)