Minggu, 15 Apr 2018 15:15 WIB

Bisa Kelabui Tes Narkoba, Urine Palsu Laku di Amerika Serikat

Firdaus Anwar - detikHealth
Urine palsu dipakai untuk mengelabui tes narkoba. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Urine palsu dipakai untuk mengelabui tes narkoba. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Untuk menguji seseorang bebas narkoba atau tidak biasanya dilakukan tes urine yang menguji jejak-jejak kandungan zat kimia. Nah terkait hal tersebut di Amerika Serikat (AS) tampaknya sedang naik tren penjualan produk urine sintetik.

Menurut laporan media setempat orang-orang menggunakan urine sintetik tersebut untuk mengelabui tes narkoba. Tidak dijelaskan bagaimana urine tersebut dibuat secara detail namun hal ini sudah menarik perhatian pemerintah di dua negara bagian. Missouri dan Mississippi melarang penjualannya secara legal.

"Para pencari tenaga kerja mengaku khawatir bahwa semakin banyak karyawan yang menggunakan urine manusia sintetik untuk bisa lolos tes narkoba," kata Dan Gibson dari Mississippi Association of Self-Insurers seperti dilansir Live Science.

Menurut pengakuan produsen urine sintetik dibuat dengan mencampur berbagai macam zat kimia salah satunya adalah asam urat (uric acid). Washington Post menyebut produk dijual secara online sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 550 ribu.

Anggota Dewan Perwakilan Mississippi Willie Bailey dalam sidang mengatakan bahwa di daerahnya urine sintektik laku keras di perhentian truk.

(fds/fds)
News Feed