Senin, 16 Apr 2018 09:25 WIB

Ini yang Bisa Dilakukan Agar Terhindar dari Risiko Diabetes

Moch Prima Fauzi - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitupun dengan menghindari penyakit diabetes yang tidak hanya menyerang orang lanjut usia, tapi juga generasi muda. Risiko diabetes sebenarnya bisa dicegah dengan cara-cara yang sederhana dan mudah.

Dengan menjaga pola hidup kita sehari-hari, risiko diabetes bisa ditekan dan dikurangi. Salah satunya adalah dengan menjaga berat badan ideal. Dilansir dari Everyday Health, berat badan berlebihan memiliki risiko lebih besar terkena diabetes. Faktanya, mengurangi berat badan setiap satu kilogram bisa mencegah risiko diabetes sebanyak 16%.


Selain itu, Anda juga harus mengurangi minuman manis agar terhindar dari risiko diabetes. Mengonsumsi minuman atau makanan manis dengan kandungan gula tinggi seperti kue tart, soda, teh, atau kopi manis bisa memicu risiko diabetes. Untuk itu, biasakan minum air putih atau mengonsumsi makanan tanpa gula berlebih.

Tak hanya melakukan batasan-batasan tertentu, Anda juga harus melakukan kegiatan yang menyehatkan. Hindari kebiasaan bermalas-malasan dan lakukan olahraga. Luangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga.

Ini yang Bisa Dilakukan Agar Terhindar dari Risiko DiabetesFoto: Dok Tropicana Slim

Menurut Cleveland Clinic Foundation, berolahraga bisa membantu otot untuk mengonversi glukosa dalam darah menjadi energi. Dalam 30 menit berolahraga, Anda tidak perlu melakukannya dalam satu waktu. Berjalan selama 10 menit sebanyak tiga kali juga memiliki manfaat yang sama.

Biasakan pula untuk memakan buah dan sayuran. Sebab, asupan serat dalam buah dan sayuran bisa membantu mengurangi glukosa dalam darah. Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah yang mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan kadar gula.


Untuk mengontrol kandungan glukosa dalam darah, Anda juga dianjurkan untuk memeriksa gula darah secara rutin. Dengan mengetahui kandungan kadar gula dalam darah Anda bisa melakukan program pencegahan.

Sedangkan jika masih ingin merasakan manis tanpa berisiko diabetes, Anda bisa memilih jenis gula rendah kalori. Salah satu contoh gula rendah kalori yang ada di pasaran saat ini adalah pemanis alami stevia. (ega/up)
News Feed