Senin, 14 Mei 2018 06:45 WIB

Pew Pew! Ketika Lensa Kontak Bisa Tembakan Laser

Firdaus Anwar - detikHealth
Mata yang bisa menembakkan laser seperti di komik makin mendekati kenyataan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Orang-orang biasanya menggunakan lensa kontak sebagai alternatif kacamata untuk memperbaiki fungsi penglihatan. Namun demikian di masa depan alasan orang-orang memakai lensa kontak mungkin akan mulai berubah setelah peneliti menemukan lensa yang dapat menembakkan laser.

Dipublikasi dalam jurnal Nature Communications, peneliti dari University of St. Andrews menciptakan lensa kontak tersebut untuk mengembangkan teknologi laser. Selama ini laser diketahui hanya bisa digunakan memakai instrumen yang kokoh atau kaku.



"Kami telah berhasil mengembangkan jenis laser baru yang sangat ringan dan tipis. Ketebalan sinarnya tidak sampai 1 banding 1.000 milimeter. Dampaknya laser ini fleksibel secara mekanis sehingga bisa ditempatkan di mana saja," ungkap salah satu peneliti, Malte Gather, dikutip dari Live Science pada Minggu (13/5/2018).

Peneliti telah melakukan tes memasang lensa kontak pada satu buah mata sapi. Laser bekerja dengan cara menyerap cahaya biru di lingkungan sekitar lalu menembakkannya kembali sebagai cahaya laser.

Setelah mengkalkulasi cahaya biru yang dibutuhkan untuk mengaktifkan laser, peneliti mengambil kesimpulan bahwa lensa kontak tersebut aman digunakan. Bagi manusia teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk jadi sensor pembaca informasi identitas.

Mungkin masih butuh waktu bertahun-tahun sebelum ada teknologi yang cukup canggih sehingga manusia bisa seperti cerita di komik menembakkan laser berkekuatan tinggi.

(fds/up)