Senin, 14 Mei 2018 17:03 WIB

Psikolog: Jangan Takut, Jangan Biarkan Tujuan Teroris Tercapai

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Meme penyemangat mengajak masyarakat tidak takut terhadap bom di Surabaya. (Foto: Instagram) Meme penyemangat mengajak masyarakat tidak takut terhadap bom di Surabaya. (Foto: Instagram)
Jakarta - Dengan banyaknya foto-foto hingga video bom di Surabaya yang beredar, hal tersebut membuat gelisah sebagian masyarakat khususnya mereka di sekitar lokasi kejadian. Namun demikian ramai juga himbauan agar orang-orang berani melawan terorisme.

Psikolog Bona Sardo, M.Psi, menyarankan agar orang-orang tidak perlu takut dengan berita bom Surabaya dan menjalani hari-hari seperti biasa. Alasannya karena itu adalah tujuan teroris untuk menakut-nakuti.



"Jika muncul ketakutan maka tujuan teroris tercapai, tapi tetap ingat harus waspada di lingkungan dan keadaan sekitar. Jalani hari-hari seperti biasa," ungkap Bona.

Bona juga menyarankan agar tidak membagi-bagikan konten berupa foto dan video yang menjadi tujuan teroris agar masyarakat takut. Jika mendapat informasi seperti itu lebih baik distop jangan diteruskan.

Sebaiknya juga tidak perlu dilihat, agar tidak menimbulkan dampak buruk atau trauma.

"Jika sudah terlanjur melihat foto ataupun video ingatlah, bahwa itu orang-orang yang meninggal atau gugur, pelakunya itu tidak berperikemanusiaan," tambahnya.

Jika tidak nyaman dengan konten foto ataupun video tidak perlu risau atau dipikir terlalu dalam. Karena nanti lama kelamaan juga akan hilang dengan seiring waktu.

Bona juga menambahkan jika cukup banyak orang yang ingin memecah belah masyarakat, jika ingin tetap tenang maka tetaplah bersatu. Semakin kita terpecah belah dan terpengaruh maka tujuan teroris tercapai.



TontonvideoJokowi bicara tentang "Kita Harus Bersatu Melawan Terorisme"

[Gambas:Video 20detik]

(fds/fds)
News Feed