Selasa, 15 Mei 2018 15:08 WIB

Agar Tak Nyusahin di Usia Senja, Begini Caranya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Agar tak menyusahkan di usia lanjut, semua orang harus menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Orang di usia senja kerap dirundung berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit tidak menular hingga penyakit kronik. Hal ini dapat menurunkan produktivitas lansia dan kemandiriannya.

Menurut penelitian ahli gerontologi, Prof Dr dr Siti Setiati, SpPD-KGER, MEpid di tahun 2013, lansia yang benar-benar sehat tanpa penyakit kronik dan bisa mandiri hanya sekitar 13,2 persen. Sedangkan yang memiliki penyakit namun masih bisa mandiri atau disebut prarenta sekitar 61,6 persen. Sisanya 25 persen memiliki penyakit dan sudah tidak bisa mandiri atau disebut renta.

Lansia yang tidak memiliki kemandirian di usia senja pasti sangat merepotkan anggota keluarganya atau orang-orang di sekitarnya. Nah, agar tidak terjadi hal demikian, Prof Siti mengatakan bahwa mengubah gaya hidup menjadi sehat merupakan cara mencegahnya.

"Jawabannya gaya hidup sehat sebenarnya. Mestinya bisa (dicegah) dengan gaya hidup sehat. Tapi itu yang paling susah," ujarnya dalam pers conference di Ruang Maharmardjono Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Senin (14/5/2018).


Mengubah gaya hidup menjadi sehat sedini mungkin bisa mencegah seseorang mengalami masalah kesehatan di usia senja, seperti hipertensi, jantung koroner, stroke, dan penyakit sendi.

Prof Siti pun membagikan kiat sehat dan mandiri di usia lanjut, yaitu dengan menyeimbangkan asupan nutrisi dan gizi sejak dini.

"Mustinya sedini mungkin, bukannya sudah tua baru makan sehat," tegas dokter yang juga dari Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI).

Kemudian rutin berolahraga, dapat mengelola stres dengan baik, cek kesehatan secara rutin dan berkala, serta menghindari rokok bahkan diharuskan behenti.





(wdw/up)